RAGAM

Habitat Indonesia Kembali Gelar Charity Golf demi Atasi Masalah Hunian Tidak Layak

"Memiliki rumah layak huni masih menjadi impian bagi jutaan keluarga berpenghasilan rendah. Habitat for Humanity Indonesia terus berusaha mewujudkan mimpi mereka."

Paul M Nuh

Habitat Indonesia Kembali Gelar Charity Golf demi Atasi Masalah Hunian Tidak Layak
Para pegolf amatir dan profesional berfoto bersama dalam event Habitat Charity Golf Tournament 2023.

KBR, Jakarta - Habitat for Humanity Indonesia kembali menggelar Habitat Charity Golf Tournament 2023 untuk yang kesepuluh kalinya. Charity Golf digelar untuk melanjutkan misinya membangun rumah layak huni bagi keluarga berpenghasilan rendah di Indonesia.

Turnamen diselenggarakan di Gunung Geulis Country Club pada 24 Mei 2023 dengan melibatkan pegolf profesional dan amatir, di antaranya merupakan anggota Indonesia Development Council, yaitu pengusaha atau para pengusaha yang memiliki kepedulian dan mendukung pembangunan hunian layak bagi pekerja berpenghasilan rendah. Tampak di antaranya Hilmi Panigoro, Edwin Soeryadjaya, Fofo Sariatmadja, Jimmy Masrin, serta Hanafi Atmadiredja. Mereka bersama-sama 76 pegolf lainnya menikmati pertandingan sambil berdonasi.

Memiliki rumah layak huni masih menjadi impian bagi jutaan keluarga berpenghasilan rendah. Hal ini terjadi karena membangun rumah layak huni sangat mahal. Habitat for Humanity Indonesia terus berusaha mewujudkan mimpi mereka. Salah satunya dengan menggelar charity ini. Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010, event ini telah melibatkan 840 pegolf dan berhasil membangun 243 rumah layak huni bagi lebih dari 1.000 keluarga berpenghasilan rendah. Pada Charity Golf kali ini, Habitat mengajak pegilf bertanding dan berdonasi melalui program 1 flight - 1 house, yaitu setiap 1 flight/team (4 orang) bertanding sekaligus berdonasi untuk pembangunan 1 rumah layak.

Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia menyampaikan bahwa Habitat Charity Golf merupakan salah satu kegiatan yang diandalkan dalam mendukung misi Habitat. “Sejak 2010, pertama kali Habitat Charity Golf diadakan, kami melihat antusias yang konsisten dari para pegolf karena memang olah raganya fun apalagi tujuannya mulia, yaitu berbagi kebaikan menyediakan rumah bagi keluarga berpenghasilan rendah yang membutuhkan.”, ungkap Susanto.

Fofo Sariatmadja, salah satu pengusaha terkemuka Indonesia sangat menikmati turnamen ini. Fofo yang sudah beberapa kali terlibat charity golf ini, memberikan dukungan lain dengan mengundang secara langsung koleganya dari luar negeri untuk turut berpartisipasi dalam turnamen ini.

Habitat Charity Golf berhasil mengumpulkan dana sebesar 1 Miliar lebih. Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan 20 rumah layak huni bagi keluarga berpenghasilan rendah di 3 cluster Habitat Indonesia yakni, Sentul-Bogor, Kulon Progo-Yogyakarta, dan Wringinanom-Gresik, mengingat Bogor merupakan salah satu daerah yang memiliki 30% rumah dengan luasan yang tidak memadai dan Yogyakarta daerah dengan UMR yang sangat rendah, sementara harga tanah mahal.

Jimmy Masrin, yang namanya tidak asing lagi di dunia golf juga tampak ikut bertanding di acara tersebut. Ia menyampaikan rasa senangnya mengikuti kegiatan Habitat Charity Golf 2023, “Sudah 20 tahun mendukung Habitat. Sudah seperti keluarga. Ya setiap hal yang kita lakukan kiranya bisa membantu”.

Teddy Jubilant muncul sebagai pemenang utama kategori Best Gross Overall dan mendapatkan beragam hadiah. Ditutup dengan acara makan malam bersama, para pegolf diberi kesempatan untuk berdonasi lebih melalui lelang. Sebuah kulkas persembahan dari MODENA (salah satu sponsor) dengan karya lukisan “Retrofridge” seorang seniman difabel berhasil dilelang dan dimenangkan oleh pegolf bernama Suharsono sebesar USD 4.000 lebih, peserta yang juga memenangkan 1 kategori dan grand prize menyampaikan, “Saya senang bisa ikut bermain. Hasilnya juga tadi lumayan. Saya berharap masyarakat Indonesia yang rumahnya masih kurang layak bisa terbantu. Waktu itu saya juga pernah ikut di Sentul bangun 1 rumah. Semoga Habitat terus berjalan dengan baik untuk membantu masyarakat Indonesia”.

red
Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia (kiri), berfoto bersama pemenang utama dan beberapa pengusaha yang mendukung Habitat Charity Golf Tournament 2023.


Selain kulkas, ada juga 2 topi yang dibubuhi tanda tangan pemain golf ternama yakni Phil Mickelson dan Bryson DeChambeau yang dilelang pada malam tersebut. Kedua topi tersebut juga berhasil dilelang dengan harga lebih dari USD 1.000. Semua dana yang terkumpul dari kegiatan lelang juga akan dialokasikan sepenuhnya untuk membangun rumah layak huni di tiga klaster yang sudah ditentukan.

Habitat Charity Golf diharapkan dapat terus digelar untuk membantu menyediakan rumah layak huni bagi keluarga yang membutuhkan di Indonesia.

Baca juga: Habitat Indonesia Bangun Rumah Layak Huni bagi MBR di Bali - kbr.id

  • advertorial
  • rumah
  • sanitasi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!