Kasus Covid Naik, Pemprov Jakarta Minta Tambah Kapasitas Rumah Sakit di Daerah Penyangga

"Jadi Pemerintah Pusat itu akan membantu, mudah-mudahan meningkatkan kapasitas kemampuan dari daerah-daerah di luar Jakarta yaitu Bodetabek."

NASIONAL | RAGAM

Kamis, 28 Jan 2021 07:12 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Kasus Covid Naik, Pemprov Jakarta Minta Tambah  Kapasitas Rumah Sakit di Daerah Penyangga

Ilustrasi: Bus membawa pasien Covid ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta pemerintah pusat menambah jumlah dan kapasitas rumah sakit di daerah penyangga Ibu Kota, seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek). Menurut Riza, penambahan itu perlu dilakukan guna mengurangi beban rumah sakit di Jakarta. Sebab selama ini, beberapa pasien rumah sakit di Jakarta merupakan warga luar DKI.

"Tadi juga saya bertelepon dengan Pak Menko, mudah-mudahan ada penambahan nanti rumah sakit di daerah Bodetabek. Jadi Pemerintah Pusat itu akan membantu, mudah-mudahan meningkatkan kapasitas kemampuan dari daerah-daerah di luar Jakarta yaitu Bodetabek. Apakah rumah sakitnya, tenaga kesehatannya, tempat tidurnya, kemudian ruang ICU, dan sebagainya, itu harapan kami," kata Riza di TPU Rorotan, Jakarta Utara, Rabu (27/1/2021).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan, sekitar 24 dari 85 persen pasien yang dirawat di Ibu Kota merupakan warga non-Jakarta. Ia berharap kapasitas rumah sakit di daerah penyangga juga turut diperkuat.

Dia berharap pasien di Bodetabek bisa tertampung di daerahnya masing-masing. Sehingga okupansi atau keterisian rumah sakit di Jakarta bisa memuat lebih banyak pasien dalam kota.

"Jadi kalau sekarang angkanya sampai 24 persen, kalau dikurangi saja 24 persen, dia berarti cuma 60 persen okupasi rumah sakit di Jakarta," katanya.

Hingga 24 Januari 2021, keterisian tempat tidur isolasi rumah sakit di Jakarta mencapai 86 persen. Sedangkan untuk ruang ICU sudah terisi 84 persen. 

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Program Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Tetap Aman dan Sehat Beraktivitas Saat Pandemi

Catatan Vaksin Mandiri