BERITA

BMKG: Waspada Gelombang 3 Meter di Pantai Selatan Jawa

"Pantai Laut Selatan Jawa berpotensi alami gelombang laut tinggi mencapai tiga meter. "

Febriana Shinta Sari

Ilustrasi Gelombang Laut
Ilustrasi Gelombang Laut

KBR,Yogyakarta- Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi kepada masyarakat yang berwisata di pantai Laut Selatan Jawa. Warga diminta berhati-hati karena ada potensi gelombang laut tinggi mencapai tiga meter.

Staf Seksi Data dan Informasi BMKG Yogyakarta Indah Retno Wulan, mengatakan tinggi gelombang disebabkan adanya pusaran udara di Laut Selatan. Kecepatan angin yang tinggi mengakibatkan tingginya gelombang di laut selatan. Diperkirakan potensi gelombang tinggi berlangsung hingga hari Minggu lusa.

"Ini terjadi disepanjang pantai di laut selatan, kami harapkan masyarakat berhati-hati dengan adanya gangguan cuaca ini," ujarnya melalui telpon.


Pagi ini KBR mendapat informasi dari Tim SAR Yogyakarta, dua orang wisatawan asal Tegal Jawa Tengah tenggelam di Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta. Saat ini Tim SAR tengah mengupayakan evakuasi korban. 

Editor: Citra Dyah Prastuti

  • gelombang laut
  • pantai laut selatan
  • laut selatan jawa

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!