covid-19

KM Liberty 01 Tenggelam di Utara Bali, 9 ABK Hilang

"Kapal KM Liberty 01 itu berangkat dari Tanjung Perak Surabaya itu tanggal 22 dini hari sekitar pukul 00:07 WIB”

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 27 Okt 2021 10:19 WIB

Pencarian ABK KM Liberty 1  tenggelam  di perairan utara Bali  Selasa (26/10). (Basarnas)

Pencarian ABK KM Liberty 1 tenggelam di perairan utara Bali Selasa (26/10). (Basarnas)

KBR, Banyuwangi-  Kapal kargo KM liberty 01 tenggelam di perairan utara Bali. Kapal yang membawa anak buah kapal (ABK) 15 orang itu tenggelam akibat diterjang badai pada Sabtu (23/10) malam  lalu.

Juru Bicara Kantor SAR Denpasar, I Made Krisna Maharta mengatakan, dari 15 orang ABK itu, 9 orang dinyatakan hilang, sedangkan enam orang lainya selamat. Menurut Dia, kapal kargo tersebut lepas jangkar dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, pada Jumat (22/10) dini hari. Kemudian setelah melakukan pelayaran, pada  Sabtu ada badai di Perairan Utara Bali. Sehingga kapal dihantam badai dan tenggelam.

Menurut Made, peristiwa tenggelanya KM Liberty 01 ini baru diketahui pada   Senin (25/10). Ketika itu Kapal LCT Dipasona 2 yang sedang melakukan pelayaran dari Surabaya-NTT mendapati enam orang ABK Liberty 01 yang menaiki perahu karet. Salah satu yang selamat tersebut adalah Nahkoda KM Liberty 01.

“Jadi kita maksimal pencarian itu dari jam 12 siang sampai jam 6 sore sekitar enam jam itu. Setelah pencarian  itu kita tidak menemukan tanda-tanda kapal itu, jadi kemungkinan kapalnya sudah tenggelam. Itu kapal KM Liberty 01 itu berangkat dari Tanjung Perak Surabaya itu tanggal 22 dini hari sekitar pukul  00:07 WIB,” ujar I Made Krisna Maharta,  Rabu (27/10/2021).

Juru Bicara Kantor SAR Denpasar, I Made Krisna Maharta menambahkan, Basarnas telah menerjunkan satu kapal negara (KN) SAR Arjuna 229 untuk mencari di sekitar lokasi kejadian. Hingga hari kedua proses pencarian TIM SAR belum membuahkan hasil. 

Baca juga: Operasi SAR Korban Tenggelamnya KMP Yunicee Ditutup, 17 Masih Hilang

Proses pencarian korban hilang dilanjutkan pada  Rabu ini.

Diperkirakan kapal Kargo tersebut sudah tenggelam ke dasar laut. Meski demikian TIM SAR tetap melakukan proses pencarian terhadap 9 ABK kapal yang hilang hingga tujuh hari ke depan.

 

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Mampukah Polisi Respons Cepat Kasus yang Libatkan Anggotanya?