Bagikan:

Puluhan Santri di Sebuah Pesantren di Cilacap Terpapar Covid-19

"Ya termasuk klaster pesantren itu. Cuma angka-angkanya saya tidak paham,”

BERITA | NUSANTARA

Senin, 05 Okt 2020 12:15 WIB

Puluhan Santri di Sebuah Pesantren di Cilacap Terpapar Covid-19

Data covid Kabupaten Cilacap, Senin (05/10).

KBR, Cilacap- Puluhan santri di sebuah pondok pesantren di Cilacap, Jawa Tengah terkonfirmasi Covid-19. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap, M Wijaya mengatakan hasil itu diketahui setelah keluarnya hasil tes usap massal yang dilakukan pada Rabu (30/10/2020) lalu.

M Wijaya mengatakan klaster pondok pesantren tersebut juga cukup banyak menyumbang lonjakan angka terkonfirmasi Covid-19. Secara total, ada penambahan sebanyak 28 kasus positif Covid-19 di wilayah kecamatan di mana pesantren itu berada.

Wijaya mengatakan tak paham detail jumlah santri yang positif Covid-19. Sebab angka masih dinamis seturut keluarnya hasil tes swab massal secara bertahap. Dari informasi yang dihimpun, jumlahnya mencapai 26 santri.

“Ya itu, termasuk klaster Ponpes itu, sepertinya, kelihatannya.  Kalau kemarin yang sakit itu kan sekitar lima santri gitu loh. Tapi kemungkinan, terhadap kontak erat ikut diswab juga. Itu ada tambahan juga, yang meninggal dunia di Pangandaran, beralamat di Perumahan Gumilir Indah itu satu. Ya termasuk klaster pesantren itu. Cuma angka-angkanya saya tidak paham,” kata M Wijaya.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap, M Wijaya menambahkan, gugus tugas juga melakukan penyemperotan disinfektan di lingkungan pesantren dan sekitarnya. Karantina juga dilakukan terhadap santri yang mengalami gejala mirip Covid-19 dan kontak eratnya.

Karantina awal dilakukan masih di salah satu fasilitas ponpes tersebut namun benar-benar terpisah dari kompleks lainnya. Selanjutnya, santri yang bergejala sedang-berat dibawa ke rumah sakit rujukan. Sedangkan yang tanpa gejala dikarantina di tempat khusus.

Hingga Senin (05/10) siang ini, situs Pemkab Cilacap mencatat kasus terkonfirmasi total sebanyak 228 orang. Dari jumlah itu sebanyak 163 sembuh, 59 dirawat, dan 6 meninggal.

Editor: Rony Sitanggang

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan  3M, yakni;  Memakai masker,  Mencuci tangan, dan  Menjaga jarak.)

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 7

“Konversi Kompor Induksi untuk Tekan Subsidi Elpiji”

HUT RI Ke-77, Nasionalisme dan Prestasi Anak Bangsa

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Most Popular / Trending