Bagikan:

Libatkan 7 Negara, NTT Tuan Rumah Festival Budaya Melanesia

Festival akan digelar 26-30 Oktober mendatang. Festival rencananya diikuti tujuh negara, yaitu Fiji, Indonesia bagian Timur, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Vanuatu, Kaledonia Baru dan Timor Leste.

BERITA | NUSANTARA

Selasa, 06 Okt 2015 14:07 WIB

Author

Silver Sega

Libatkan 7 Negara, NTT Tuan Rumah Festival Budaya Melanesia

Museum Budaya NTT dipersiapkan menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Festival Budaya Melanesia. (Foto: tourism.nttprov.go.id)

KBR, Kupang - Indonesia akan menyelenggarakan Festival Budaya Melanesia. Festival ini akan diselenggarakan di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Festival yang merupakan kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini akan digelar 26 hingga 30 Oktober mendatang. Direktorat Diplomasi Budaya di Kemdikbud mengangkat tema Melanesia, untuk menunjukan kepada dunia bahwa Melanesia kaya akan ragam budaya.

Festival rencananya diikuti tujuh negara, yaitu Fiji, Indonesia bagian Timur, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Vanuatu, Kaledonia Baru dan Timor Leste.

Pemerintah NTT menyiapkan empat lokasi untuk penyelenggaraan Festival Budaya Melanesia. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Petrus Manuk mengatakan, lokasi festival antara lain Museum Daerah NTT, Taman Budaya, dan Hotel Swis Berlin.

Petrus Manuk mengatakan para peserta festival ingin mencari tahu kesamaan benda-benda Melanesia, seperti kain tenun, alat tangkap ikan dan yang lainnya.

"Akan ada pemutaran film juga. Ada tiga judul film Melanesia. Lebih penting adalah bagaimana mengetahui ada kesamaan-kesamaan budaya, seperti lurik, ukirannya, kesamaan bentuk benda-benda peninggalan melanesia, dan lain-lain," kata Petrus Manuk di Kupang Selasa (06/10). 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Petrus Manuk menambahkan, dalam festival budaya Melanesia ada beberapa kegiatan yang dilaksanaan Diantaranya simposium budaya melanesia, pentas budaya, pemutaran film melanesia dan pameran benda-benda tradisional.

Pemerintah NTT juga berharap Festival Budaya Melanesia ini bisa menjadi sarana promosi untuk meningkatkan pariwisata di NTT.

Festival Melanesia merupakan salah satu gelaran budaya yang menampilkan keragaman multietnis Indonesia.

Budaya Melanesia yang berpusat di wilayah Pasifik dan Indonesia timur sebelumnya tidak diketahui secara luas, bukan saja bagi masyarakat Indonesia, namun juga dunia internasional.

Dalam festival ini diharapkan semua propinsi di Indonesia yang memiliki budaya Melanesia, akan mengirim delegasi untuk berpartisipasi dalam semua rangkaian acara. 

Editor: Agus Luqman  

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ragam Syarat Beli Minyak Goreng Curah, Efektifkah?