NUSANTARA

OPM Tewas dalam Baku Tembak di Lanny Jaya Papua

"KBR, Jayapura - Seorang anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Puron Okiman Wenda tewas tertembak. Dia tewas dalam baku tembak antara aparat gabungan TNI/Polri dengan kelompok tersebut yang terjadi di sekitar Lapangan terbang Pirime Kabupaten La"

Katharina Lita

OPM Tewas dalam Baku Tembak di Lanny Jaya Papua
OPM, lanny jaya

KBR, Jayapura -  Seorang anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Puron Okiman Wenda tewas tertembak. Dia tewas dalam baku tembak antara aparat gabungan TNI/Polri dengan kelompok tersebut yang terjadi di sekitar Lapangan terbang Pirime Kabupaten Lanny Jaya, Papua sekitar pukul 12.30 WIT tadi.

Panglima Kodam Cenderawasih, Christian Zebua mengatakan dalam kejadian ini, satu anggota OPM lainnya dalam keadaan kritis akibat kena tembakan. Aparat gabungan berhasil mengamankan satu pucuk senjata revolver dan sebuah laptop.

“Terjadi kontak tembak di Lanny Jaya, tewas satu OPM dan satu luka berat, tersita satu pucuk senpi dan  parang dan panah. Laptop itu pasti ada dokumen mereka disitu,” jelasnya.

Kodam Cenderawasih mengkau tak melakukan pengejaran terhadap kelompok OPM ini, namun aparat keamanan menutup akses jalan keluar-masuk OPM dari dan ke Pirime.

Aparat gabungan juga menuding kelompok pimpinan Puron Wenda ini yang melakukan penembakan dua anggota polisi di Lanny Jaya pada Juli lalu.

Sementara itu Kapolda Papua, Yotje Mende mengatakan besok akan mengirim 100 personil ke Lanny Jaya pasca kejadian baku tembak ini. Baku tembak di Lanny Jaya sepanjang tahun ini terus terjadi.

Pemerintah dan aparat keamanan telah berusaha meredam konflik didaerah itu. Ada dugaan kelompok OPM yang melakukan baku tembak berasal dari Puncak Jaya.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • OPM
  • lanny jaya

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!