NUSANTARA

Senin, Syiah dan Sunni Sampang Deklarasikan Perdamaian

"Warga Syiah dan Suni di Sampang, Madura Jawa Timur bakal menggelar deklarasi perdamaian."

Bambang Hari

Senin, Syiah dan Sunni Sampang Deklarasikan Perdamaian
Syiah Sampang, Sunni, Deklarasi Perdamaian

KBR68H, Jakarta - Warga Syiah dan Suni di Sampang, Madura Jawa Timur bakal menggelar deklarasi perdamaian. Pendamping warga Syiah, Hertasning mengatakan, aksi ini dilakukan untuk membuktikan keduanya tak lagi berselisih paham. Aksi deklarasi ini, bakal dilakukan pada Senin pekan depan.


"Acara itu intinya adalah berkumpulnya warga dari tiga kampung yang selama ini berkonflik untuk melakukan pertukaran piagam perdamaian. Piagam itu dibuat oleh kedua belah pihak. Selain itu mereka akan mendeklarasikan tentang islah dan perdamaian," ujarnya kepada KBR68H, Sabtu (21/9).


Pendamping warga Syiah, Hertasning menambahkan, aksi ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap pemulangan pengungsi. 


Pada 2011 lalu warga syiah diusir dari kampung halamannya di Desa Karang Gayam, Madura. Pengusiran itu karena mereka dianggap sesat. Setelah diusir, mereka mengungsi di GOR Sampang. Selanjutnya mereka dipindahkan ke Rumah Susun di Sidoarjo, Jawa Timur.


Editor : Sutami

  • Syiah Sampang
  • Sunni
  • Deklarasi Perdamaian

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!