BERITA

Warga Bogor Diimbau Tak Malu Akui Anak Berkebutuhan Khusus

"banyak kasus anak berkebutuhan khusus tidak tertangani dengan baik pada awal masuk sekolah, karena orang tua malu untuk mengakui kondisi si anak."

Rafik Maeilana

Warga Bogor Diimbau Tak Malu Akui Anak Berkebutuhan Khusus
Ilustrasi. Anak Berkebutuhan Khusus. Foto: Antara

KBR, Bogor- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor mengimbau para orang tua untuk tidak perlu malu jika memiliki anak berkebutuhan khusus. Para orang tua diminta tak menutupi perihal kondisi anak mereka kepada pihak sekolah. 

Sekretaris Disdik Kota Bogor, Fachrudin mengatakan, banyak kasus anak berkebutuhan khusus tidak tertangani dengan baik pada awal masuk sekolah, karena orang tua malu untuk mengakui kondisi si anak.

"Mereka mesti mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kondisinya. Kalau ada kekurangan di fisiknya, atau emosinya itu harus disesuaikan. Untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus, itu harus diperhatikan kebutuhan mereka," katanya saat ditemui KBR, Kamis (20/8/2015)

Fachrudin menjelaskan, jika orang tua terbuka, tentunya pihak sekolah pun bisa menangani siswa yang berkebutuhan khusus secara tepat. Orang tua tidak perlu khawatir sebab sekolah tidak boleh menolak jika ada siswa yang berkebutuhan khusus mendaftar menjadi murid.

"Tentunya si sekolah nantinya akan memperlakukan hal yang beda dari siswa yang lain. Tetapi harusnya jika memang anaknya memiliki kebutuhan khusus, kita mengimbau untuk dimasukkan ke SLB, karena penanganannya lebih tepat," jelasnya.

Editor: Malika 

  • anak berkebutuhan khusus
  • Sekolah
  • Bogor
  • disdik bogor
  • sekolah untuk anak berkebutuhan khusus

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!