BERITA

Pasokan Ayam Bogor Berkurang 75 Persen

"Kelangkaan ayam di Kota Bogor sudah terasa sejak Minggu lalu. Para pedagang dan pemasok ayam kompak mogok karena harga ayam potong yang melambung tinggi."

Rafik Maeilana

Pasokan Ayam Bogor Berkurang 75 Persen
Ilustrasi penjual daging ayam. (Foto: KBR/Adhima Sukotjo)

KBR, Bogor - Pasokan ayam untuk Kota Bogor Jawa Barat berkurang sekitar 75 persen, akibat aksi mogok yang dilakukan para pedagang ayam di wilayah itu beberapa hari ini.

Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman mengatakan pasokan mulai berkurang seiring mogoknya para pemasok ayam. Selain itu tingginya harga ayam juga membuat langkanya ayam potong di pasaran.


"Saya mendapatkan laporan itu, setiap ternak ayam yang ada, dari empat kandang hanya satu kandang yang terisi. Itu berarti pasokan ayam untuk ke Kota Bogor berkurang 75 persen," katanya saat ditemui KBR, Rabu (19/08).


"Tidak dipungkiri dugaan kartel ada, karena banyak penahanan (ayam) yang dilakukan pemasok. Kita meminta polisi mengusut hal ini," jelasnya.

Kelangkaan ayam di Kota Bogor sudah terasa sejak Minggu lalu. Para pedagang dan pemasok ayam kompak mogok karena harga ayam potong yang melambung tinggi.

Harga daging ayam melambung hingga Rp7 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp18 ribu perkilo saat lebaran menjadi Rp25 ribu per kilogram. Untuk ayam potong, harga sebelumnya Rp45 ribu per ekor menjadi Rp55 ribu per ekor.


Editor: Agus Luqman

 

  • daging ayam
  • ayam potong
  • harga daging ayam
  • Bogor
  • Jawa Barat
  • ayam langka

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!