BERITA

Aktivitas Gunung Raung Menurun, Ijen Trail Running Digelar

"Menurunnya aktivitas Gunung Raung dalam beberapa hari terakhir semakin memantapkan digelarnya lomba lari berskala Internasional dengan tajuk Ijen Trail Running (ITR) di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur"

Friska Kalia

Aktivitas gunung raung. Foto: KBR/Friska Kalia
Aktivitas gunung raung. Foto: KBR/Friska Kalia

KBR, Bondowoso – Menurunnya aktivitas Gunung Raung dalam beberapa hari terakhir semakin memantapkan digelarnya lomba lari berskala Internasional dengan tajuk Ijen Trail Running (ITR) di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Acara lari lintas alam yang diikuti pelari dari 15 negara ini, digelar di sepanjang Kawasan Wisata Kawah Ijen.

Bupati Bondowoso, Amin Said Husni memastikan, status siaga Gunung Raung tidak akan memengaruhi gelaran lomba lari ini. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, untuk ikut memastikan erupsi Raung tidak akan berdampak pada jalannya perlombaan.

“Semua telah memastikan memberikan dukungan. Termasuk mengantisipasi dampak erupsi Raung. setelah kami melakukan analisis dan berdiskusi dengan para pakar, hampir bisa dipastikan erupsi Raung tidak memberikan dampak pada acara ini,” kata Amin Said Husni kepada KBR, Sabtu (15/8/2015).

Ijen Trail Running sendiri merupakan lomba lari lintas alam yang pertama kali digelar di Bondowoso pada 22 Agustus mendatang oleh Egon Trail Indonesia. Direktur Penyelenggara ITR, Alfan Impriadi mengatakan, dipilihnya Bondowoso sebagai lokasi Trail Running karena memiliki karakteristik medan yang ekstrem, serta pemandangan yang indah sepanjang rute.

“Medan di sepanjang Kawah Ijen yang akan dilewati pelari nantinya merupakan medan yang sangat cocok. Medan yang dilalui peserta merupakan jalan terjal, berbatu, tanjakan tajam serta turunan curam khas kawasan pegunungan. Ditambah pemandangan yang indah yang tidak ada di tempat lain,” kata Alfan.

Dalam Ijen Trail Running ini ada tiga katagori yang bisa diikuti diantaranya kategori 10 K, 30 K dan 70 K. Hingga hari ini tercatat 200 lebih pelari telah mendaftar untuk menaklukkan alam Kawah Ijen. Sebagai pemanasan, malam ini digelar lari jarak 5 kilometer dengan rute lintas kota Bondowoso dengan tajuk Bondowoso Night Run (BNR) dengan jumlah peserta lebih 1000 orang.


Editor: Sindu Dharmawan

  • Ijen Trail Running (ITR)
  • Amin Said Husni
  • Bondowoso
  • Gunung Raung

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!