NUSANTARA

Elang Jawa Terancam Punah

"KBR68H, Jawa Timur - Populasi elang Jawa (Spizaetus Bartelsi) di Jawa Timur terus merosot karena alih fungsi hutan dan terus diburu. Ketua ProFauna Indonesia, Rosek Nursahid mengatakan Elang Jawa banyak ditemukan di kawasan taman nasional Bromo Tengger Se"

Eko Widiyanto

Elang Jawa Terancam Punah
elang jawa, punah

KBR68H, Jawa Timur - Populasi elang Jawa (Spizaetus Bartelsi) di Jawa Timur terus merosot karena alih fungsi hutan dan terus diburu. Ketua ProFauna Indonesia, Rosek Nursahid mengatakan Elang Jawa banyak ditemukan di kawasan taman nasional Bromo Tengger Semeru, Tahura Raden Soerjo, Meru Betiri, Baluran dan Dataran Tinggi Hyang.

Namun, selama empat tahun terakhir sulit menemukan atau berjumpa dengan Elang Jawa. Sebelumnya, Elang Jawa juga banyak ditemukan di kawasan Coban Trisula dan Coban Talun Poncokusumo, Malang, Jawa Timur.

"Statusnya dia terancam punah dia kan simbol negara Indonesia, Burung Garuda itu kan representaif hidupnya elang Jawa itu. terancam punah terutama karena rusaknya hutan dan penggunaan pestisida di pertanian," kata Rosek.

Ketua ProFauna Indonesia, Rosek Nursahid mendesak pemangku kawasan mengendalikan pertanian di kawasan taman nasional serta mengendalikan kunjungan wisata di kawasan taman nasional. Status Elang Jawa dalam terancam punah. Elang merupakan predator teratas pemangsa mamalia kecil dan burung.

Editor: Suryawijayanti 

  • elang jawa
  • punah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!