PVMBG: Erupsi Abu Vulkanik Gunung Raung Menurun

Menurut Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gede Suantika, ketinggian erupsi gunung Raung saat ini mencapai ketinggian 1500 meter dari sebelumnya 2000 meter.

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 17 Jul 2015 11:53 WIB

Author

Eli Kamilah

PVMBG: Erupsi Abu Vulkanik Gunung Raung Menurun

BPBD Jawa Timur Kirim Masker ke Kawasan Gunung Raung. ANTARA FOTO

KBR, Jakarta - Posisi arah angin Gunung Raung masih dominan menuju ke arah barat. Meski erupsi abu vulkanik Gunung Raung menurun dibandingkan kemarin. Namun, sejumlah daerah masih harus waspada, terutama untuk otoritas penerbangan.

Seperti di Bandara Notohadinegoro Jember dan Bandara Blimbingsari Banyuwangi. Menurut Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gede Suantika, ketinggian erupsi Gunung Raung saat ini mencapai ketinggian 1500 meter dari sebelumnya 2000 meter.

"Posisi arah angin masih ke barat. Kemudian dari hasil pemantauan perhubungan warningnya masih Jember saja. Sekarang ketinggiiannya menurun. Kemarin sudah di 1500 meter," kata Gede Suantika kepada KBR, Jumat (17/7/2015).

Kemarin, Gunung Raung kembali erupsi. Erupsi ini membuat sejumlah bandara ditutup. Akibatnya, ratusan penerbangan dari dan menuju beberapa bandara di Jawa Timur dibatalkan akibat letusan abu vulkanik Gunung Raung.

PT Angkasa Pura (AP) I Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, sebelumnya menyampaikan pergerakan debu erupsi Gunung Raung berada di ketinggian 16 ribu kaki sehingga membahayakan pesawat terbang yang melintas.




Editor: Quinawaty Pasaribu

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18