BERITA

Pemkot Ternate Bagikan Masker untuk Warga Terdampak Abu Vulkanik Letusan Gunung Api Gamal

"Abu vulkanik, terlihat mulai menghujani warga yang berada di bagian barat laut kota ternate yakni di Kelurahan Lotto, Togafo dan Takome. "

Idhar Abd rahman

Pemkot Ternate Bagikan Masker untuk Warga Terdampak  Abu Vulkanik Letusan Gunung Api Gamal
Ilustrasi pembagian masker. Foto: Antara

KBR-Ternate, Pemerintah Kota Ternate melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mulai turun ke Kecamatan Pulau Ternate yang terkena langsung abu vulkanik akibat letusan gunung api Gamalama. BNPD pagi tadi   membagikan masker kepada warga. Abu vulkanik, terlihat mulai menghujani warga yang berada di bagian barat laut kota ternate yakni di Kelurahan Lotto, Togafo dan Takome. Kelurahan Lotto yang paling tebal diguyur abu vulkanik.

Camat Pulau Ternate Jainudin Husain, menjelaskan belum semua warga mendapatkan masker untuk melindungi diri agar tak menghirup udara yang bercampur abu vulkanik. Namun, warga tidak panik. Sebab, pemerintah telah mengeluarkan pengumuman dan pemberitahuan, bahwa status gunung gamalama saat ini masih sebatas waspada level dua, sehingga warga tidak perlu panik secara berlebihan.

Sementara itu Juru Bicara Pemerintah Kota Ternate Sutopo Abdullah, menjelaskan pihaknya melalui BPBD telah berada di lokasi-lokasi yang terkena langsung dampak letusan Gunung Gamalama, terutama di bagian barat laut Kota Ternate atau pada Kecamatan Pulau Ternate. BPBD lanjut Sutopo, sehari sebelum letusan pagi tadi,  telah melakukan sosialisasi kepada warga di Kecamatan Pulau Ternate akan bahaya letusan gunung api Gamalama.

"Jadi untuk sementara langkah yang diambil pemerintah kota ternate adalah dampak langsung yang dirasakan masyarakat khususnya daerah Pulau Ternate mulai dari Kelurahan Taduma-Takome harus diwaspadai, sehingga langkah cepat yang diambil oleh pemerintah kota adalah kita melakukan pembagian masker ke wilayah-wilayah yang berdampak langsung atas erupsi Gunung Gamalama ini," katanya (16/7/2015).

Sutopo, mengaku pihaknya juga ikut memantau perkembangan aktifitas Gunung Api Gamalama, jika terjadi peningkatan aktifitas pemerintah pasti mengambil langkah-langkah antisipasi sesuai dengan Standar Operasi Penyelamatan (SOP) penanggulangan bencana yang telah dimiliki pemerintah saat ini.


Editor: Rony Sitanggang

  • Pembagian Masker
  • Masker gratis
  • Abu Vulkanik
  • Gunung Gamalama
  • Juru Bicara Pemerintah Kota Ternate Sutopo Abdullah
  • Camat Pulau Ternate Jainudin Husain

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!