BERITA

Muktamar NU, Lima Sekolah di Jombang Diliburkan

"Sekolah yang diliburkan itu berada disekitar alun-alun Jombang, yang menjadi lokasi dan arena Muktamar. "

Muji Lestari

Muktamar NU, Lima Sekolah di Jombang Diliburkan
Salah satu Sekolah di Jombang yang berada disekitar Alon-alon setempat terpaksa diliburkan selama pelaksanaan Mukmatar ke 33 NU, 1-5 Agustus 2015. Foto: Muji Lestari KBR

KBR, Jombang - Lima sekolah di Jombang, Jawa Timur akan diliburkan pada saat pelaksanaan Muktamar ke 33 NU, 1 - 5 Agustus mendatang. Sekolah yang diliburkan itu lokasinya berada disekitar alun-alun Jombang, yang menjadi lokasi dan arena Muktamar. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Muntholib, mengatakan, kelima sekolah itu diliburkan untuk mendukung kelancaran Muktamar yang merupakan event nasional. Soal ini, kata dia,  sudah dikoordinasikam dengan kepala sekolah dan wali murid. Muntholib menjelaskan selama pelaksanaan Muktamar, kawasan disekitar alun-alun akan menjadi tempat transit dan konsumsi peserta sehingga harus steril. Menurutnya, jika siswa dipaksakan masuk maka proses belajar mengajar tidak akan efektif.

"Harus ikut mendukung pelaksanaan Muktamar itu dan kebetulan sekolah itu digunakan untuk transit dan tempat untuk konsumsi peserta, jadi menggunakan sekolah sekitar alun-alun itu", kata Muntholib, Senin (27/07/15).


LIma sekolah yang akan diliburkan adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Jombang, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Jombang, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Jombang, Sekolah Dasar (SD) Negeri Jombatan 3 dan 4. Saat disinggung peliburan siswa itu bisa mengganggu kegiatan belajar mengajar, Muntholib membantahnya. Pasalnya pihak sekolah masih banyak memiliki hari efektif untuk menggantinya.

"Kita punya hari efekktif setahun 245 hari, yang terpakai untuk kegiatan belajar itu 204, jadi kita punya cadangan 40 hari. Jadi nanti yang sekolah khusus disitu nanti Kepala Sekolahnya mensikapi dengan mengganti dihari cadangan itu, jadi ndak ada yang dirugikan", tegas Muntholib.

Alun-alun Kabupaten Jombang sendiri merupakan tempat yang dijadikan sebagai pusat pelaksanaan Muktamar ke 33 NU. Yakni sebagai tempat sidang pleno serta pembukaan. Selain di alun-Alun empat Pondok besar dan Stadion Merdeka Jombang juga menjadi salah satu lokasi area Muktamar. 

Editor: Malika 

  • Muktamar NU
  • Muktamar NU 33
  • Muktamar NU Jombang
  • Muktamar NU ke 33

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!