BERITA

Kosong, Stok Masker di Apotek Bondowoso

"Masyarakat berbondong-bondong meminta masker dari BPBD. "

Friska Kalia

Kosong, Stok Masker di Apotek Bondowoso
Petugas BPBD Bondowoso sedang membagikan masker kepada sejumlah pengendara di kawasan kota Bondowoso, Minggu (18/7/2015). Foto: Friska Kalia KBR

KBR, Bondowoso – Sejumlah apotek di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, kehabisan stok masker akibat melonjaknya permintaan masyarakat, yang mulai mencari masker sebagai alat perlindungan diri agar tak terpapar abu vulkanik Gunung Raung.

Salah seorang warga asal Kecamatan Jambesari Darusolah, Haryadi mengatakan sudah mencari masker hampir ke seluruh apotek di wilayah kota, namun stok masker sudah habis. Menurut dia, hujan abu yang mengguyur kawasan Jambesari sudah mulai meresahkan masyarakat.

“Saya sudah cari masker di seluruh apotek di sini tapi kosong. Saya sudah cari tetap tidak dapat. Kalau abunya sudah mulai terasa, warna hitam dan perih kalau kena mata,” kata Haryadi kepada KBR, Minggu (19/7/2015).

Haryadi bersyukur mendapatkan masker gratis yang dibagikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso di sejumlah titik di kawasan kota Bondowoso. Pembagian masker oleh BPBD ini menjadi pusat perhatian masyarakat yang berbondong–bondong meminta masker akibat kosongnya stok di sejumlah apotek.

Petugas BPBD Bondowoso, Bambang Sutrisno mengatakan, ada sekitar dua ribu masker yang dibagikan secara gratis kepada warga pengguna jalan di kawasan kota. Masker mulai dibagikan begitu intensitas hujan abu di Bondowoso mulai meningkat dan mengganggu masyarakat. Menurut Bambang, pembagian masker ini masih akan terus dilakukan sampai hujan abu mereda.

“Kami sudah bagikan sejak pukul 09.00 WIB tadi, karena sejak tadi malam hujab abu sudah terjadi. Sekarang ada 2 dus masker, nanti kalau ini habis akan kami tambah lagi,” kata Bambang.

Berdasarkan info yang dihimpun KBR, sejumlah wilayah di kota Bondowoso mulai terpapar abu vulkanik dari Gunung Raung. Ketinggian abu yang mencapai 1.000 meter dari puncak kaldera serta arah angin yang mengarah ke timur laut dan utara, berdampak pada abu yang terbawa ke sejumlah Kecamatan seperti Kecamatan Tamanan, Pujer, Tlogosari, Grujugan, Jambesari dan Sumber Wringin.

Editor: Citra Dyah Prastuti

  • stok masker
  • abu vulkanik
  • Gunung Raung
  • Hujan Abu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!