BERITA

Dana Bantuan Lansia Miskin di Nganjuk Diduga Disunat Kades

"Alasan pemerataan, warga lansia seharusnya menerima Rp. 900 ribu, Kepala Desa, Mohamad Su’ul hanya berikan Rp. 400 ribu."

Muji Lestari

Kamilah (84), salah satu Janda lansia penerima bantuan PJSLU di Ngajuk. Foto: KBR/Muji Lestari
Kamilah (84), salah satu Janda lansia penerima bantuan PJSLU di Ngajuk. Foto: KBR/Muji Lestari

KBR, Nganjuk- Dana Program Jaminan Sosial Lanjut Usia (PJSLU) milik empat orang warga di Desa Jampes, Kecamatan Pace, Ngajuk, Jawa Timur, diduga dipotong oleh kepala desanya. Seharusnya warga lansia yang terdaftar bantuan itu menerima uang sebesar Rp 900 ribu. Namun, oleh kepala desa, Mohamad Su’ul, dana itu hanya diberikan sebesar Rp 400 ribu. Alasanya, pemotongan itu untuk pemerataan, Rabu (01/07/2015).

Salah satu penerima bantuan yakni, Kamilah,84 tahun, janda tua penyandang tuna netra. karena kondisi fisiknya yang tidak memungkinkan maka pengambilan dana apapun selalu diwakilkan kepada anaknya, Raminem, yang juga berstatus janda. Kata Raminem, ibunya sudah dua kali ini menerima bantuan itu. Awalnya, dia menerima utuh sebesar Rp. 900 ribu. Namun, kali ini dia hanya diberi uang sebesar Rp 400 ribu.

“Saya dapat empat ratus. Yang motong ya pamongnya itu buat dikasihkan orang-orang katanya kasihan, yang belum dikasih.” Kata Raminem.

Hal senada juga dikatakan oleh Supiyah, 76 tahun, Rumah Tangga Sasaran (RTS) lain, yang mengalami hal serupa. Selain dipotong, Kepala Desanya juga diduga bermain curang. Pasalnya, ada tiga  RTS lain tetap menerima bantuan itu, padahal ketiganya sudah meninggal.  Oleh oknum perangkat desa, dana PJSLU itu juga dipotong sebesar Rp 300 ribu per RTS.

Beberapa sumber mengaku, modus yang digunakan kepada desa yakni dengan mengambil alih proses penyerahan bantuan yang sedianya dilakukan oleh petugas kecamatan. Hingga berita ini diturunkan, Kepala Desa Jampes Kecamatan Pace, Mohamad Su'ul belum bisa dikonfirmasi terkait dugaan pemotongan dana PJSLU itu.

Di Kabupaten Nganjuk Dana Program Jaminan Sosial Lanjut Usia (PJSLU) sudah berjalan selama empat tahun. Dana diambil dari APBD setempat kepada 1100 Lansia warga Nganjuk yang tidak mampu. Setiap enam bulan sekali Lansia miskin diberi dana bantuan sebesar Rp 900 ribu.

Editor: Dimas Rizky 

  • Dana Program Jaminan Sosial Lanjut Usia
  • PJSLU
  • kepala desa sunat pjslu
  • Kepala Desa
  • Mohamad Su’ul

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!