NUSANTARA

Pemerintah Sidak Swalayan, Temukan Daging Ayam dan Sapi Busuk

"KBR, Bogor "

Rafik Maeilana

Pemerintah Sidak Swalayan, Temukan Daging Ayam dan Sapi Busuk
sidak, swalayan, daging

KBR, Bogor – Sejumlah barang tidak layak konsumsi ditemukan petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bersama Dinas Pertanian dan Peternakan serta Badan Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH). Mereka melakukan inspeksi mendadak (Sidak) tersebut ke sejumlah pasar swalayan di Kota Bogor, Jawa Barat.

Saat Sidak petugas menemukan hati sapi yang sudah busuk namun tetap dijajakan di lemari pendingin. Selain itu sejumlah produk lain seperti susu kemasan dan daging ayampun didapati tidak layak konsumsi.
 
Kepala Disperindag Kota Bogor Bambang Budianto mengatakan, barang-barang yang tidak layak konsumsi langsung disita agar tidak dijual oleh pihak swalayan. Selain itu pihaknya mengambil beberapa contoh daging ayam untuk dicek ke laboratorium.

"Sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan Menteri Perdagangan, tidak boleh memajang barang kadarluarsa dan kemasan rusak," kata Bambang Budianto kepada wartawan saat inspeksi mendadak di Supermarket Robinson, Mal Jambu Dua, Kota Bogor Kamis (17/7) hari ini.

Bambang menyatakan, bersama tim ia menemukan daging sapi dan ayam yang tidak layak konsumsi. Tim menemukan ada sebuah benjolan di salah satu daging ayam yang dijual. Menurutnya daging ayam tersebut tidak layak jual karena menyebarkan bakteri yang menyebabkan pembusukan pada ayam.

Sementara itu Kelapa Seksi Kesehatan Masyarakat Viterner, drh. Wina menyatakan telah menemukan daging hati sapi yang sudah tidak layak konsumsi. Ia menyebutkan hati sapi tersebut telah berwarna gelap dan teksturnya terlalu lembek.

"Kalau ini terjual dan dikonsumsi masyarakat, bisa bahaya. Akan menimbulkan keracunan dan diare,” ucap Wina.
 
Selain memeriksa daging sapi dan ayam, tim juga memeriksa parcel-parcel. Tim memeriksa tanggal kadarluarsa dan kemasan rusak produk makanan didalam parcel. Namun dalam inspeksi parcel tim tidak menemukan keganjilan.


Editor: Luviana

  • sidak
  • swalayan
  • daging

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!