NUSANTARA

Ridwan Kamil Pertimbangkan Pimpin Kembali Jabar

""Untuk membicarakan Pilkada nanti saja karena belum waktunya.""

Arie Nugraha

Ridwan Kamil
Gubernur Ridwan Kamil saat pembukaan Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) di Teater Tertutup Dago Tea House, Bandung, Selasa (06/06/23). (Antara/Raisan Al Farisi

KBR, Bandung–   Gubernur Ridwan Kamil mempertimbangkan kembali memimpin Provinsi Jawa Barat usai mengetahui hasil survei  April 2023 yang menyebutkan 70 persen warganya ingin dipimpin oleh dirinya. Keinginan 70 persen warga Jawa Barat itu berdasarkan hasil kepuasan publik sebesar 90,2 persen. 

Keputusan akan maju kembali memimpin Jawa Barat atau di daerah lain, Ridwan Kamil akan mengumumkannya pada Februari 2024.

Menurutnya yang terpenting usai dirinya dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, rampung masa baktinya pada 5 September 2023, dia meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) bekerja dengan semangat yang sama.

"Kita menitipkan agar ASN tidak mengalami penurunan semangat kerja. Walaupun nanti gubernurnya yang definitif sudah tidak ada digantikan oleh pejabat gubernur. Yang saya tahu, yang dinominasikan banyak. Saya tidak bisa sebutkan tapi poinnya siapapun itu yang ditentukannya nanti oleh pusat, saya titip ke ASN untuk diterima dengan baik, bekerja etos kerjanya jangan berubah," ujar Ridwan Kamil dalam siaran persnya, Bandung, Senin (12/06/23).

Kata Ridwan Kamil, hasil kerja seluruh ASN Provinsi Jawa Barat selama lima tahun terakhir telah menghasilkan 520 penghargaan. Jumlah penghargaan itu sebut Ridwan Kamil, setara dengan 520 perubahan yang signifikan bagi Provinsi Jawa Barat.


Baca juga:


Ridwan Kamil mengatakan saat ini sedang merampungkan sisa target pembangunan seperti perbaikan dan perawatan jalan.

"Untuk membicarakan Pilkada nanti saja karena belum waktunya. Karena kita kan hilang Rp10 triliun di saat COVID yang membuat pengerjaan perawatan rutin jalan agak tertunda. Tapi karena COVIDnya sudah lewat, ekonomi sudah pulih maka anggaran untuk infrastruktur jalan bisa diselenggarakan lagi secara maksimal," jelas Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengklaim jalan di Provinsi Jawa Barat yang harus dirawat dan mengalami perbaikan tinggal 50 Kilometer dan tuntas di 2024.

Ridwan Kamil menyebutkan, saat ini tingkat kemantapan jalan di Jawa Barat berada di angka 83 persen. Angka ini diakui lebih baik bila dibandingkan dengan provinsi lainnya.

"Dibandingkan dengan provinsi lain, Jabar masih lebih baik kalau pakai persentase di angka 83 persen kemantapan jalannya saat ini," tukas Ridwan Kamil.

Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun depan akan digelar pada  pada 27 November 2024. Total daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 sebanyak 548 daerah dengan rincian 37 provinsi, 415 kabupaten, dan 98 kota.

Editor: Rony Sitanggang

  • #PemiluDamaiTanpaHoaks
  • #kabar pemilu KBR
  • Ridwan Kamil
  • Pilkada Serentak 2024

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!