BERITA

Presiden Akan Datang, 5000 Nelayan Cilacap Terima Kartu BPJS

"Pembagian kartu langsung oleh Presiden Joko Widodo"

Muhamad Ridlo Susanto

Ilustrasi nelayan. Foto: Antara
Ilustrasi nelayan. Foto: Antara

KBR, Cilacap – Sebanyak 5000 nelayan Cilacap, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap dipastikan menerima 5000 kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Penyerahan secara simbolis rencananya bakal dilakukan oleh Presiden Jokowi yang datang ke Cilacap, 30 Juni mendatang.


Wakil Ketua DPC HNSI Cilacap, Suparjo, mengatakan 5000 nelayan penerima kartu BPJS tersebut merupakan sepertiga jumlah nelayan anggota HNSI Cilacap yang mencapai 13.900 orang. Sedangkan secara keseluruhan nelayan di Cilacap berjumlah sekira 17 ribu orang.


"Kartu BPJS tersebut saat ini kemungkinan sudah dibuat," ujar Suparjo di Cilacap, Jumat (26/6/2015).


Suparjo menjelaskan, nelayan yang belum mendapat Kartu BPJS nantinya akan disusulkan dalam program pembuatan Kartu BPJS tahap kedua.


Suparjo menambahkan presiden Jokowi pada 30 Juni 2015 nanti akan membagikan kartu BPJS Ketenagakerjaan full operation, yakni layanan penuh bagi nelayan, terdiri dari jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan hari tua, serta jaminan pensiun.


"Nanti akan diberikan kartu BPJS Ketenagakerjaan oleh beliau," katanya lagi.


BPJS sendiri secara cuma-cuma memberikan bantuan iuran tiga bulan pertama kepada 5000 nelayan penerima kartu BPJS. Nilai iuran per orang adalah Rp 15.600 per bulan. Iuran ini berlaku mulai Juni, Juli, dan Agustus. Setelah itu, pemegang kartu harus mengangsur sendiri.

 

Editor: Rio Tuasikal


 

  • hnsi cilacap
  • 5000 nelayan cilacap
  • kartu BPJS

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!