BERITA

Perburuan Batu Akik di Rembang Ancam Situs Megalitikum

"Belasan orang pencari batu akik menyerbu kawasan tambang batu di sekitar situs Selodiri dan situs Terjan Kecamatan Kragan, Rembang, Jawa Tengah."

Musyafa

Perburuan Batu Akik di Rembang Ancam Situs Megalitikum
Salah satu batu Situs Terjan di desa Terjan Kec. Kragan, Rembang. Foto: Musyafa KBR

KBR, Rembang - Belasan orang pencari batu akik menyerbu kawasan tambang batu di sekitar situs Selodiri dan situs Terjan Kecamatan Kragan, Rembang, Jawa Tengah. Ini lantaran, muncul isu batu Selodiri mengandung bahan batu akik. 

Kepala Desa Terjan Kecamatan Kragan, Abdul Hadi mengatakan, situs itu merupakan peninggalan zaman megalitikum. Karenanya, ia meminta tidak menyerbu lokasi tersebut. Pasalnya saat ini, mereka mencari batu akik sisa penambangan. Pihak desa sudah mengingatkan agar tidak merusak situs tersebut.

“Warna batunya coklat dan hitam, diburu sekarang. Karena betul bisa untuk akik. Mereka tidak pakai alat berat kok, hanya sisa sisa batu galian. Kalau ada batu jatuh, pecah, kemudian diambil. Banyak sekali jumlahnya, karungan," ungkapnya kepada KBR, Selasa (9/6/2015).

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Rembang, Sunarto berpendapat mustinya tenarnya batu akik disikapi secara wajar. Kalau sudah mengarah pengerusakan maupun pencurian batu situs, akan diserahkan ke aparat kepolisian.


Editor: Quinawaty Pasaribu

 

  • akik
  • Rembang
  • situs
  • Megalitikum

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!