BERITA

Harga Daging Sapi Mahal, Warga Jombang Beralih Ke Daging Ayam

"Salah satu dampak kenaikan yang dirasakan adalah mahalnya harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional setempat hingga kisaran Rp. 95 ribu per kilogram dimana sebelumnya hanya berkisar Rp. 85 ribu."

Muji Lestari

Harga Daging Sapi Mahal, Warga Jombang Beralih Ke Daging Ayam
Lapak pedagang daging sapi di Pasar Desa Cukir, Jombang. Foto: Muji Lestari KBR

KBR, Jombang - Harga kebutuhan sembako di pasaran jelang puasa melonjak di Jombang, Jawa Timur. Salah satu  yang dirasakan adalah mahalnya harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional setempat hingga kisaran Rp. 95 ribu per kilogram. harga sebelumnya hanya berkisar Rp. 85 ribu. Kenaikan itu terjadi sejak seminggu lalu. Dampaknya, banyak konsumen daging yang beralih konsumsi ke daging ayam untuk kebutuhan awal bulan puasa ini, Rabu (17/6/2015).

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Jombang, Jufri, mengatakan, mahalnya harga daging sapi sulit dijangkau oleh masyarakat kelas menengah kebawah. Jika dibandingkan dengan harga daging ayam yang hanya berkisar Rp. 27 ribu per kilo, sehingga warga bisa menghemat pengeluaran kebutuhan awal puasa mereka hingga 60 persen.

Kata Jufri, sejak seminggu terakhir daya beli masyarakat untuk daging ayam meningkat kurang lebih 10 persen dari biasanya. Namun demikian, dia memastikan stok daging sapi maupun ayam aman untuk kebutuhan masyarakat setempat selama bulan puasa ini.

“Karena daging ayam relatif lebih murah dibandingkan dengan harga daging sapi yang kurang lebih mencapai Rp. 90 sampai 95 ribu per kilogram. Tradisi masyarakat kalau biasanya menjelang bulan puasa istilahnya Megengan, mereka kirim doa, selamatan, dan sebagainya, ada peningkatan untuk konsumsi daging maupun daging ayam kurang lebih sekitar 10 persen dari kebutuhan biasanya.” Kata Jufri.

Berdasarkan pantauan di sejumlah lapak pedagang daging dan ayam di pasar tradisional Jombang, kenaikan harga daging ayam dan sapi terjadi sejak seminggu lalu. Kenaikannya secara signifikan yakni sekitar Rp. 2 ribu per hari. Sejumlah pedagang memperkirakan harga akan kembali normal setelah seminggu  puasa berjalan. 

Editor: Rony Sitanggang

 

  • Kenaikan harga
  • harga sapi
  • Melonjak
  • Pasar
  • Ramadhan
  • Bulan Puasa
  • jufri
  • KPU Jombang
  • dinas pertanian

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!