BERITA

Mahalnya Biaya Distribusi Soal UN ke Wilayah Terpencil di Nunukan

"Mahalnya biaya pengiriman soal UN akibat tidak adanya moda transportasi selain perahu ketinting yang menuju wilayah perbatasan."

Adima

Mahalnya Biaya Distribusi Soal UN ke Wilayah Terpencil di Nunukan
Sejumlah siswa SMP di Nunukan mengikuti ujian nasional. Tahun ini sebanyak 2886 siswa SMP di Nunukan mengikuti ujian nasional. Foto: KBR/Adima

KBR, Nunukan–  Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, mengeluarkan biaya hingga 15 juta rupiah untuk mendistribusikan soal ujian nasional ke sekolah  yang berada di wilayah terpencil. Antara lain ke wilayah perbatasan Kecamatan Lumbis Ogong.  

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan Sapto hari Sampurno mengatakan, mahalnya biaya pengiriman soal UN  akibat tidak adanya moda transportasi selain perahu ketinting yang menuju wilayah perbatasan.

Menurutnya di beberapa lokasi,  satu-satunya akses adalah memanfaatkan jalur sungai. “Misalnya ke Tao Lumbis yang SMP3 itukan 8 jam (perjalanan),  Itupun harus carter. Melihat konsidinya harus duluan berangkat, sekali tarik dia. Kemarin pada hari minggunya masuk sudah,” Ujar Sapto Hari Samporna  Selasa (10/05/2016).

Sapto menambahkan, untuk menghemat biaya pengiriman, soal untuk 4 mata pelajaran dikirim langsung ke sekolah-sekolah yang terletak di wilayah perbatasan kecamatan Lumbis Ogong. 

Tahun ini sebanyak 2. 886 siswa SMP di Nunukan mengikuti ujian nasional  dengan penyelengggara sebanyak 51 sekolah. Hingga hari kedua, pelaksanaan ujian nasional di Kabupaten Nunukan berjalan lancar tanpa kendala.  

Editor: Malika

  • Pemkab Nunukan
  • disdik nunukan
  • Ujian Nasional
  • Distribusi Soal UN

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!