BERITA

Libur Panjang, Wisatawan Baturaden Meningkat 3 Kali Lipat

"Diperkirakan, Sabtu (7/5) dan Minggu besok (8/5) merupakan puncak kunjungan wisatawan."

Muhamad Ridlo Susanto

Libur Panjang, Wisatawan Baturaden Meningkat 3 Kali Lipat
Lokasi Wisata Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah.

KBR, Banyumas – Lokawisata Baturraden di Banyumas, Jawa Tengah mendapat serbuan pengunjung sepanjang rangkaian libur panjang 5-8 Mei 2016.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Banyumas, Deskart Sotyo Jatmiko menyebut, tingkat kunjungan pada libur panjang kali ini meningkat lebih dari 100 persen dibanding akhir pekan biasa. Diperkirakan, Sabtu (7/5) dan Minggu besok (8/5) merupakan puncak kunjungan wisatawan.

Tak hanya dari sekitar Banyumas, pengunjung luar daerah juga memadati kawasan wisata. Kemacetan pun, kata dia, mengular sepanjang lima kilometer di jalur antara Kota Purwokerto menuju Baturraden.

"Kalau liburan panjang ini kami pantau memang banyak dari luar kota datang. Kalau malam juga ada keramaian-keramaian, seperti pancuran pitu, kali gumiwang, kemarin cukup ramai. Hari ini juga banyak sekali kunjungan, terutama di objek wisata baru kami, Kebun Raya Baturraden. Kalau dari total kunjungan sepanjang tahun diperkirakan ini mencapai lima persen kunjungan," jelas Deskart di Banyumas, Sabtu (7/5).

Untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung, ia telah menyiapkan tambahan petugas keamanan di Pos Khusus Pengamanan Baturraden. Selain itu, disiapkan pula jalur alternatif melalui ruas barat Kecamatan Kedungbanteng dan ruas timur Kecamatan Sumbang.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Baturraden mencatat, Kamis (5/5) jumlah pengunjung mencapai 3.500 orang, sementara pada hari kedua libur panjang ada lebih dari 6000 pengunjung. Padahal dalam kondisi normal, pengunjung hanya berkisar 1000 hingga 2000 orang setiap akhir pekan.

Sementara itu, jalur Kota Purwokerto ke Baturraden, Banyumas Jawa Tengah terpantau macet sepanjang 15 kilometer macet akibat memludaknya pengunjung. Plat kendaraan luar Jawa Tengah memenuhi ruas mulai Pabuaran Kecamatan Purwokerto Utara hingga pintu masuk Lokawisata Baturraden.

Salah satu pengunjung, Saefudin mengatakan, kemacetan terjadi menjelang pintu gerbang Baturraden sepanjang lima kilometer. Kata dia, untuk mencapai Baturraden dari Purwokerto membutuhkan waktu hingga satu jam lebih. Padahal, dalam kondisi normal, Purwokerto-Baturraden hanya memakan waktu sekira 20 menit.

Editor: Nurika Manan

  • Baturaden
  • Banyumas
  • Lokasi Wisata
  • libur panjang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!