BERITA

Ratusan Perlintasan KA di Purwokerto Tak Berpalang Pintu

"PT KAI menempatkan petugas penjaga di perlintasan tak berpalang pintu"

Muhamad Ridlo Susanto

Ratusan Perlintasan KA di Purwokerto Tak Berpalang Pintu
Lokomotif Kereta Api. Foto: Antara

KBR, Cilacap – Lebih dari dua ratus perlintasan kereta api di Purwokerto, Jawa Tengah tak berpalang pintu dan tak dijaga. 

Juru Bicara PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono mengatakan, untuk mengantisipasi kecelakaan, PT KAI menempatkan petugas penjaga di perlintasan tanpa pintu, namun hanya khusus untuk perlintasan yang dinilai rawan. Misalnya di perlintasan Randegan dan Sumpyuh Kabupaten Banyumas. 

Surono mengaku PT KAI belum memiliki anggaran untuk membuat palang pintu tambahan.

"Sebetulnya perlintasan rawan kecelakaan hanya yang tidak berpalang pintu. Banyak banget jumlahnya. Dari 397 perlintasan ya, itu yang tidak berpalang pintu ada sekitar 75 persen. Sedangkan yang berpalang pintu hanya 25 persen," kata Surono.


Ratusan perlintasan kereta api tanpa palang pintu yang berada di wilayah Daop 5 Purwokerto ini tersebar di enam kabupaten, yaitu Kabupaten Ciamis, Cilacap, Banyumas, Brebes, Purworejo, dan Kebumen. 

PT KAI berjanji menjelang Ramadhan 2015, akan menambah 60 petugas penjaga pintu di perlintasan yang dinilai rawan kecelakaan. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan frekwensi kendaraan yang melintas di jalan raya. 

Saat ini, ada 397 perlintasan kereta api yang ada di wilayah PT Kereta Api Indonesia KAI) Daop 5 Purwokerto.

Editor: Agus Luqman 

  • Perlintasan
  • Kereta Api
  • Palang Pintu
  • Purwokerto
  • Cilacap

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!