BERITA

Pemandu Wisata di Bondowoso Tak Bersertifikat

"Saat ini baru ada 26 pemandu wisata yang bersertifikat."

Friska Kalia

Pemandu Wisata di Bondowoso Tak Bersertifikat
Kawah Wurung Bondowoso. Foto: Friska Kalia KBR

KBR, Bondowoso – Sebagian besar pemandu wisata di Bondowoso, Jawa Timur belum tersertifikasi. Tercatat saat ini baru ada 26 pemandu wisata yang bersertifikat. Salah seorang pemandu wisata asal Bondowoso, Slamet Riyadi mengungkapkan, gencarnya promosi wisata pemerintah daerah tidak sebanding dengan peningkatan kualitas dan kapasitas para pemandu.

“Kalau pemandu wisata yang berlisensi itu pasti punya pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Karena untuk dapat sertifikat itu kita harus ikuti pelatihannya," kata Slamet Riyadi saat dihubungi KBR, Selasa (19/5/2015). 

Padahal, kompetensi pemandu dengan bukti sertifikat merupakan modal untuk bersaing dengan pemandu wisata dari luar kota yang marak masuk ke Bondowoso. “Saat ini yang lebih sering menggelar uji lisensi itu Dinas Pariwisata Provinsi Jatim,” tambahnya.

Slamet menambahkan, 26 pemandu wisata Bondowoso yang bersertifikat tersebut hanya memiliki kompentensi pada wisata tertentu saja. Semisal, wisata Kawah Ijen atau pemandu Desa Wisata.


Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), kompetensi para pemandu wisata menjadi salah satu indikator yang harus dipenuhi. Slamet berharap Dinas Pariwisata setempat bisa menyelenggarakan uji lisensi bagi pemandu di Bondowoso. Menurut Slamet hal ini penting mengingat para pemandu wisata merupakan wajah utama pariwisata Bondowoso.


Editor: Quinawaty Pasaribu

  • Bondowoso
  • Pemandu Wisata
  • Bersertifikat
  • MEA

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!