BERITA

Ayo ke Festival Cisadane, Festival Rakyat Tangerang

""Kami menyebut festival ini sebagai pesta rakyat karena warga saling membaur""

Luviana

Ayo ke Festival Cisadane, Festival Rakyat Tangerang
Festival Cisadane yang menyajikan berbagai makanan dan kesenian kota Tangerang. Festival diadakan di sepanjang bantaran Kali Cisadane. / Luviana KBR.

KBR, Tangerang - Mau tahu sesuatu yang berbeda di Tangerang dalam seminggu ini? Tengoklah Sungai Cisadane. Sungai yang membelah kota Tangerang ini kini tengah bersolek. Ada perahu dan rakit di pinggiran sungai yang beradu pandang dengan jajanan khas kota Tangerang di sepanjang kali. Ada laksa Tangerang, bir plethok, taoge goreng, ketoprak, asinan serta sajian makanan lain di sepanjang bantaran kali Cisadane.

Festival Cisadane merupakan Festival Rakyat Kota Tangerang yang diadakan setiap tahun. Festival tahun ini diadakan mulai Sabtu, 23 Mei hingga Sabtu, 30 Mei 2015 besok. Festival bantaran kali ini memang dilakukan sebagai penanda kepada warga Tangerang agar selalu memelihara kebersihan kali. Selain itu, kesempatan ini digunakan masyarakat untuk berjualan.


"Kami menyebut festival ini sebagai pesta rakyat karena warga saling membaur, banyak UKM yang berjualan, di samping para pedagang kecil yang bertumpah ruah menjajakan," kata Heni Ruhaini, Juru Bicara Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemkot Tangerang.


Firdaus, salah satu warga Tangerang mengaku senang karena ia bisa mengajak anaknya jalan-jalan di sepanjang bantaran kali dengan suasana yang berbeda.


Yang khas dari festival ini selain ada lomba perahu naga di sepanjang kali, lomba permainan tradisional dan Cisadane fashion karnaval, ada pula food truck festival yang khas di tahun ini. Food truck festival umumnya menyajikan berbagai jajanan dan bazar baju yang dijual di atas mobil. Hal ini sangat disukai anak-anak muda karena menyajikan dagangan dengan cara berbeda, truk yang dihias layaknya bersolek akan pergi ke pesta.


Banyak warga yang juga menjajakan makanan tradisional yang diolah dengan berbagai rasa: ubi goreng pedas, ketela goreng asin, ikan pedas atau emping manis. Masyarakat Tangerang tumpah ruah datang setiap harinya. Tak salah memang menyebut ini sebagai pesta rakyat Tangerang.


Editor: Quinawaty Pasaribu

  • Cisadane
  • Tangerang
  • Festival Cisadane
  • UKM

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!