NUSANTARA

Ratusan Hektar Sawit Dirusak Gajah Liar

"KBR, Lhokseumawe "

Erwin Jalaludin

Ratusan Hektar Sawit Dirusak Gajah Liar
sawit, gajah, rusak

KBR, Lhokseumawe – Ratusan Hektare areal perkebunan tanaman sawit dan karet di Kecamatan Kuta Makmur dan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, dirusak kawanan gajah liar. Kondisi itu menyebabkan masyarakat tani di area sekitar kawasan menjadi resah.

Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Aceh Utara, Kastaguna membenarkan tentang adanya gangguan gajah liar tersebut. Pihaknya sedang melakukan upaya menanggulangi gangguan satwa liar itu dengan mengerahkan 4 gajah jinak yang didatangkan dari Balai Konservasi Daya Alam (BKSDA).

” Dengan Pawang-pawangnya dari BKSDA Provinsi, dengan gajah jinak yang didatangkan dari Saree, Aceh Besar dan dibantu petugas kita disini. Apabila, ada serangan gajah di Kecamatan atau di suatu tempat langsung gajah itu dibawa, digiring. Jadi gajah-gajah jinak ini menggiring gajah liar ke hutan, ” kata Kastaguna menjawab KBR, Kamis (22/5).  

Ia menjelaskan, diperkirakan kawanan gajah liar yang berkeliaran di daerah itu mencapai 100-an ekor. Mereka mengamuk dikarenakan habitatnya telah dirusak oleh pihak tak bertanggung jawab, seperti aksi pembalakan liar, mobilisasi penduduk dan beberapa kasus maraknya pembukaan lahan perkebunan baru.

Menurutnya salah-satu solusi yang dapat mengatasi ancaman binatang bertubuh raksasa itu yaitu dengan menghentikan aksi perambahan hutan. Kegiatan itu dapat berdampak terhadap bencana alam.


Editor: Luviana

  • sawit
  • gajah
  • rusak

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!