NUSANTARA

DKI Stop Beli Bus Transjakarta Tahun Ini

"Pemerintah DKI Jakarta memastikan tidak akan membeli bus Transjakarta tahun ini. Wakil Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, armada bus akan diserahkan kepada para operator."

Ninik Yuniarti

DKI Stop Beli Bus Transjakarta Tahun Ini
ahok, busway

KBR, Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta memastikan tidak akan membeli bus Transjakarta tahun ini. Wakil Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, armada bus akan diserahkan kepada para operator. 


Ia beralasan, kebijakan ini meringankan beban pemerintah daerah. Sehingga DKI tidak perlu lagi melakukan lelang maupun mengurus perawatan bus. Menurut Ahok, anggaran pembelian bus akan dialihkan untuk penyertaan modal pemerintah (PMP) PT Transjakarta sebesar 350 miliar rupiah.


"Kita pengen tidak ada pembelian bus lagi. Meminta operator-operator lokal investasi, mereka mau pakai merek apa pun urusan mereka, toh kita bayarnya per kilometer aja. Kalau rusak berapa kali, tentu kita akan coret. Musti ada standar-standar yang pengen buat, supaya lebih gampang," kata Ahok di Balai Kota, (20/5).


Ahok menambahkan, Transjakarta akan diintegrasikan dengan kereta api listrik dengan sistem tiket elektronik. Menurutnya, seluruh pengelolaan bus Transjakarta akan diserahkan kepada PT Transjakarta. Ahok menargetkan akhir tahun ini, transisi Badan Layanan Umum Transjakarta ke PT Transjakarta rampung. Sehingga, tahun depan PT Transjakarta bisa beroperasi sepenuhnya.


Editor: Antonius Eko 


  • ahok
  • busway

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!