NUSANTARA

Pemkab Kutai Timur Desak BNPB Perbaiki Tanggul Gang Banjar

"Pembangunan pengaman tanggul Gang Banjar Kelurahan Teluk Lingga Kecamatan Sangatta Utara, Kutai Timur, Kalimantan Timur, baru masuk tahap "

radio gema wana prima

Pemkab Kutai Timur Desak BNPB Perbaiki Tanggul Gang Banjar
kutai timur, BNPB, tanggul gang banjar, kalimantan

Pembangunan pengaman tanggul Gang Banjar Kelurahan Teluk Lingga Kecamatan Sangatta Utara, Kutai Timur, Kalimantan Timur, baru masuk tahap “perhatian” BNPB. Kapan dan bagaimana wujud bantuan yang akan diberikan, belum jelas sementara kondisi tanggul terus mengalami kerusakan sehingga mengancam paling tidak 400 KK yang bermukim di bantaran Sungai Sangatta ini.

Wakil Bupati Ardiansyah Sulaiman yang belum lama ini bersama Kepala BPBD Kutim ketika bertandang ke BNBP, mengaku usulan pembangunan brojong di tanggul yang terbuat dari tanah belum ada kejelasan pasti.

“Dalam pertemuan dengan  Tri Budiarto sebagai Deputi Tanggap Darurat BNPB, diakui belum ada keputusan apakah diterima atau tidak usulan Pemkab Kutim karena usulan membangun tanggul  pencegah banjir di Gang Banjar akan dibahas dalam rapat dengan Kepala BNPB serta deputi lainnya,” ujar Wabup Ardiansyah.

Wabup Ardiansyah mengakui  dalam pertemuan selama 1 jam lebih, ia memaparkan rinci keadaan tanggul yang dikhawatirkan dan terus menipis akibat banjir beberapa bulan lalu. “Ketika banjir Februari lalu ditambah banjir beberapa bulan lalu, keadaan tanggul sangat memprihatinkan karenanya harus ada metode cepat dan tepat agar tanggul yang ada bisa diperbaiki,” terang wabup.

Kabid Pengairan DPU Kutim Riajid menerangkan   dana pasca bencana sangat diperlukan untuk mengurangi dampak akibat banjir yang terjadi Februari dan Maret lalu. Ia menyebutkan,  daerah yang paling riskan yaitu  Gang Banjar Teluk Lingga,

“Dulunya ada tanggul sepanjang lima ratus meter, sekarang yang sudah jebol sepanjang delapan puluh meter keadaannya semakin mengkhawatirkan,” terang Raijid seraya menambahkan pembangunan tanggul dengan konstruksi beronjong segera dilakukan.

Sumber: Radio Gema Wana Prima  

Editor: Antonius Eko

  • kutai timur
  • BNPB
  • tanggul gang banjar
  • kalimantan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!