NUSANTARA

Diharap Membangun Kampung Halaman, 100 Siswa NTT Dapat Beasiswa Kuliah

"KBR68H, Kupang "

Silver Sega

Diharap Membangun Kampung Halaman, 100 Siswa NTT Dapat Beasiswa Kuliah
NTT, beasiswa, miskin

KBR68H, Kupang – Sebanyak 100 siswa di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang lulus Ujian Nasional (UN) tahun ini akan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan sarjana. Para siswa yang mendapatkan beasiswa adalah siswa miskin yang berprestasi.

Beasiswa akan diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kepala Mendikbud NTT Petrus Manuk mengatakan Dinas Pendidikan NTT masih menunggu hasil UN tahun ini. Ia mempersilahkan para siswa dari keluarga miskin namun berprestasi untuk mendaftar dan mengikuti tes masuk perguruan tinggi.

Para siswa yang mendapat beasiswa tersebut bisa melanjutkan kuliahnya ke 32 perguruan tinggi terbaik Indonesia seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Hassanuddin (Unhas) dan beberapa universitas negeri lainnya. 

Para siswa yang lulus tes tersebut akan menerima beasiswa Rp. 1 juta perbulan. Rp. 600 ribu bisa digunakan untuk biaya hidup dan Rp. 400 ribu untuk biaya pendidikan.

"Sekarang kami ada beasiswa afirmatif untuk anak-anak diploma 3. Kita tahun ini dapat alokasi 100 orang. 100 orang nanti di tes. Nanti mereka di tes mereka mau pilih universtias mana. Kalau tesnya lulus negara akan biayai sampai selesai. Sehingga keterpencilan, yang mengakibatkan keterpurukan di NTT ini bisa diatasi. Mereka juga diharapkan untuk membangun kampung halamannya agar lebih baik.” Ujar Petrus Manuk di Kupang Selasa (22/4).

Editor: Luviana

  • NTT
  • beasiswa
  • miskin

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!