NUSANTARA

Dibuka, Pusat Layanan Usaha Terpadu Untuk UKM Kalbar

"Kbr68h,Pontianak "

Jayanti Mandasari

Dibuka, Pusat Layanan Usaha Terpadu Untuk UKM Kalbar
ukm, kalbar, layanan

KBR68H,Pontianak – Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kalimantan Barat bisa sedikit bernafas lega. Karena Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akhirnya membuka Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di provinsi tersebut.


Pusat layanan usaha terpadu dari dinas koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tersebut resmi beroperasi sejak Maret lalu. 


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Barat, Ignasius IK mengatakan lahirnya pusat layanan usaha terpadu di provinsi ini menjadi solusi bagi pengusaha UKM untuk menemui jalan keluar terkait permasalahan yang mereka hadapi dalam menjalankan usaha. 


Dijelaskan Ignasius saat ini setidaknya 7 tenaga konsultan sedang dalam proses peningkatan kompetensi di Bogor, Jawa Barat. Merekalah yang akan menjadi tenaga konsultan dalam memberikan pelayanan dan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh para pengusaha UKM. 


Sementara gedung pusat layanan usaha terpadu yang berlokasi tepat di belakang kantor Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Barat tersebut juga memiliki ruang lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung. Yakni, selain ruang konsultasi juga terdapat ruang perpustakaan serta ruang display untuk ruang pamer produk-produk UKM.   


“Sekarang kita sedang berbenahlah, termasuk para konsultan sedang kita didik. Sebab, PLUT ini ditujukan untuk membantu koperasi dan UKM supaya mereka bisa berkembang. Jadi, bagi koperasi dan UKM yang mempunyai persoalan apakah persoalan keuangan hingga manajerial. Kemudian, persoalan akses pemasaran mereka boleh lari ke sana. Nanti di sana akan diberikan treatment, kalau dia kesulitan dan masalahnya apa. Dibedah dulu di sana, ditemukanlah nanti ini masalahnya terkait dengan sumber pembiayaan. Kita carikan nanti akses pembiayaan itu bagi mereka”.

   

Ignasius IK mengatakan bahwa pada awal operasional pihaknya belum memiliki jumlah pasti UKM yang dapat diakomodir didalam pusat layanan tersebut. Namun, menurutnya inventarisasi itu akan dilakukan seiring dengan konsultasi yang akan dilakukan oleh para pengusaha UKM. 


Hal itupun akan diikuti dengan sosialisasi kepada para pengusaha UKM yang terkait dengan keberadaan PLUT. Sehingga, keberadaannyapun dapat lebih dimanfaatkan oleh pelaku usaha kecil dan menengah di Kalimantan Barat.



Editor: Luviana


  • ukm
  • kalbar
  • layanan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!