NUSANTARA

Pemprov Papua Barat Bantah KLB Busung Lapar di Tambrauw

"Pemerintah Provinsi Papua Barat menurunkan tim untuk menyelidiki penyebab tewasnya warga di beberapa kampung di Distrik Kwor, Kabupaten Tambrauw."

Katharina Lita

Pemprov Papua Barat Bantah KLB Busung Lapar di Tambrauw
busung lapar, tambrauw

 KBR68H, Jayapura- Pemerintah Provinsi Papua Barat menurunkan tim untuk menyelidiki penyebab tewasnya warga di beberapa kampung di Distrik Kwor, Kabupaten Tambrauw. Pemprov membantah adanya kejadian busung lapar akibat wabah yang mengakibatkan meninggalnya 95 orang tersebut sejak Oktober tahun lalu.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Papua Barat, Cipto menuturkan kejadian ini juga bukan kejadian luar biasa.
 
 “Yang kita klarifikasi adalah tidak benar ada terjadi wabah  termasuk kejadian luar biasa KLB dan itu juga harus kita cek dulu. Nah ini petugas kita mengecek dan dari laporan awal dapat diketahui bahwa itu bukan wabah, bukan KLB. Tetapi kalau terjadi kejadian kesakitan, kematian, informasi awalnya seperti itu terjadi dalam kurun waktu sejak bulan Oktober tahun lalu sampai dengan bulan Februari kemarin, itu ada beberapa kematian,” jelas Cipto. 
 
Pemprov Papua Barat bekerjasama dengan tim dari Kabupaten Tambrauw saat ini telah melakukan investigasi untuk penelusuran sebab kematian warga yang diduga akibat wabah. Tim juga telah melakukan pelayanan kesehatan selama 3 hari dan terus membagikan susu dan makanan pendamping bagi bayi dan anak-anak didaerah itu.(Katharina Lita)

  • busung lapar
  • tambrauw

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!