NUSANTARA

Puasa Kejawen Banyumas Dimulai Senin Kliwon 4 April 2022

"Tahun ini adalah tahun Alip."

Muhamad Ridlo Susanto

Puasa Kejawen Banyumas Dimulai Senin Kliwon 4 April 2022
Ilustrasi Penganut Islam Kejawen di Cilacap menggelar Ritual Bekten menjelang Ramadan, Kamis, 11 Mei 2017. Foto: KBR/M. Ridlo

KBR, Banyumas- Penganut Islam Kejawen di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah akan berpuasa mulai Senin Kliwon atau 4 April 2022, selisih dua hari dari ketetapan Muhammadiyah yang telah menentukan hari pertama Ramadan pada Sabtu, 2 April 2022.

Juru bicara Komunitas Adat Banokeling, Sumitro mengatakan tahun ini adalah tahun Alip. Dalam Kalender Alip Rebo Wage (Aboge), penanggalan awal tahun Alip dimulai dari Rebo Wage.

Mengacu Rumus Sanemro, maka hari pertama puasa akan jatuh pada Senin Kliwon. Perhitungannya yakni hari keenam setelah Rabu, dan hari kedua pasaran setelah Wage, sehingga jatuhnya pada Senin Kliwon.

“Ini kan tahunnya tahun Alip. Kalau tahun Alip itu, kan tiap tahun sudah ada rumusnya. Kalau tahun Alip, rumusnya itu kan ada Sanemro. Awal tanggal tahun Alip itu dari Rebo Wage. Hitungannya Sanemro itu dihitung dari Rabu. Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu, Senin, berarti Senin. Nah, karena Nemro, dari Wage, ro itu kan Kliwon, berarti Senin Kliwon, begituloh,” kata Sumitro, Selasa, (29/3/2022).

Dia menjelaskan, Kalender Aboge terdiri dari delapan tahun atau sewindu. Tiap tahun memiliki hari pertama berbeda, sehingga hari besar akan tiba pada hari berbeda pula.

Sebelumnya, Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadan tiba pada Sabtu, 2 April 2022. Sedangkan pemerintah dan Nahdlatul Ulama belum menentukan waktu pasti awal Ramadan. 

Sebab, proses penentuan harus melalui Sidang Isbat setelah rukyatul hilal atau proses melihat dan mengamati bulan sabit secara langsung. Diperkirakan awal Ramadan pemerintah akan sama, atau selang sehari dari ketetapan Muhammadiyah.

Baca juga:

Editor: Sindu

  • Aboge
  • Penganut Islam Kejawen di Kabupaten Banyumas
  • Penganut Islam Kejawen
  • Alip Rebo Wage
  • Ramadan
  • Muhammadiyah
  • Nahdlatul Ulama
  • Kemenag
  • Rukyatul Hilal

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!