NUSANTARA

Jelang Nyepi, Kedatangan Penumpang di Pelabuhan Ketapang Meningkat

"KBR68H, Banyuwangi "

Hermawan

Jelang Nyepi, Kedatangan Penumpang di Pelabuhan Ketapang Meningkat
nyepi, penumpang, pelabuhan


KBR68H, Banyuwangi – Menjelang hari raya Nyepi yang jatuh pada Senin (31/3), jumlah kedatangan penumpang di pelabuhan Ketapang Banyuwangi Jawa Timur, meningkat pada kisaran 10 hingga 15 persen. 

Manager Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ketapang Banyuwangi Sahrudin Kotto mengatakan, lonjakan penumpang terjadi sejak tanggal 25 Maret 2014 kemarin.

Penumpang dari pelabuhan Gilimanuk Bali masih didominasi oleh penumpang pejalan kaki, kendaraaan roda dua dan kendaraan roda empat pribadi.

“Sampai saat ini peningkatan penumpang sudah cukup tinggi. Sekarang kita lihat antara 10 sampai 15 persen untuk roda dua, semantara penumpang 15 sampai 20 persen. Dominasi penumpang pejalan kaki, kendaraan roda dua termasuk juga roda empat. Kebanyakan para penumpang ini yang keluar dari Bali karena tidak ikut merayakan hari raya Nyepi,”kata Saharudin Kotto (28/3).

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Ketapang Banyuwangi Sahrudin Kotto memperkirakan puncak kedatangan penumpang di pelabuhan Ketapang terjadi pada hari Sabtu dan Minggu (29/3) dan 30/3) mendatang. Umumnya para penumpang bepergian memanfaatkan liburan akhir pekan.

“Sebab pada hari Senin sudah memasuki Hari Raya Nyepi, jadi ini termasuk penumpang yang melakukan liburan panjang akhir pekan.”

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur Nyepi ini pihak ASDP telah menyiapkan 32 kapal, terdiri dari 17 kapal roro dan 15 sisanya kapal barang.


Editor: Luviana

  • nyepi
  • penumpang
  • pelabuhan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!