NUSANTARA

Kekerasan Seksual Anak di Ambon Meningkat

"Berdasarkan catatan Komnas Perempuan, selama tahun lalu jenis kekerasan yang paling banyak terjadi adalah kekerasan seksual terhadap anak yakni perkosaan dan pencabulan."

Radio DMS Ambon

Kekerasan Seksual Anak di Ambon Meningkat
kekerasan, seksual, anak, ambon

Berdasarkan catatan Komnas Perempuan, selama tahun lalu jenis kekerasan yang paling banyak terjadi adalah kekerasan seksual terhadap anak yakni perkosaan dan pencabulan.
 
Ketua Lembaga pemberdayaan perempuan dan anak (LAPPAN), Bay Hajar Tualeka mengatakan sepanjang tahun 2012 Lappan telah melakukan pendampingan dan advokasi bagi 118 kasus diantaranya 94 kasus perkosaan, 53 kasus pencabulan terhadap anak dan sisanya kasus kekerasan dalam rumah tangga.

Menurut Tualeka, sebaran kasus-kasus tersebut paling banyak terdapat pada kabupaten SBB dan Kota Ambon. Dia mengatakan data dari instansi lembaga negara penyedia layanan bagi penangan korban menunjukan bahwa angka kekerasan seksual di kota Ambon sangat tinggi dibandingkan dengan tahun 2011.

Bay Tualeka mengaku, sekitar 25 kasus perkosaan mandek di rana hokum. Hal tersebut disebabkan penegak hukum belum bisa memaksimalkan kinerja mereka dalam hal menangani masalah perkosaan.

Dia meminta pemerintah daerah dan pihak kepolisian dapat bekerja sama untuk menangani masalah perkosaan yang semakin meningkat di kota Ambon.

Sumber: radio DMS

  • kekerasan
  • seksual
  • anak
  • ambon

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!