NUSANTARA

BPBD Jateng Siapakan Dana Antisipasi Bencana Gas Beracun Dieng

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah telah menyiapkan dana sebesar Rp 252 juta untuk mengantisipasi potensi bencana yang timbul akibat gas beracun yang keluar dari Kawah Timbang, Dataran Tinggi Dieng."

Danu Mahardika

BPBD Jateng Siapakan Dana Antisipasi Bencana Gas Beracun Dieng
gas beracun, kawah timbang, dieng

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah telah menyiapkan dana sebesar Rp 252 juta untuk mengantisipasi potensi bencana yang timbul akibat gas beracun yang keluar dari Kawah Timbang, Dataran Tinggi Dieng.

Kepala BPBD Jawa Tengah, Sarwa Permana mengatakan saat ini telah didirikan posko bencana yang berada di Kecamatan Batur. Posko tersebut berdampingan dengan posko Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

“Badan Nasional Penangulangan Bencana melalui BPBD Provinsi sudah memberikan bantuan dana siap pakai sebesar 252 juta. Itu diperuntukkan untuk posko, untuk pengukuran gas di lapangan dan dana untuk operasional teman-teman relawan untuk logistik," kata Sarwa saat dihubungi KBR68H, Jumat (22/3)

Sarwa Permana menambahkan untuk mengantisipasi adanya pengungsian saat ini bantuan logistik sudah disiapkan di Kabupaten Banjarnegara. Aparat desa juga terus melakukan penyuluhan agar warga tidak berbuat sembrono.

Sebelumnya kawah Timbang telah ditetapkan dalam status waspada. Semingga terakhir kawah ini mengalami peningkatan aktivitas gempa. Warga dilarang melakukan aktivitas apapun dalam jarak radius 500 M dari kawah.

  • gas beracun
  • kawah timbang
  • dieng

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!