NUSANTARA

Puluhan Kasus Baru Varian Omicron di Papua

"Sekitar 75 persen penambahan kasus di Papua berasal dari warga yang masuk ke sana menggunakan transportasi laut."

Arjuna Pademme

Varian Omicron di Papua
Ilustrasi COVID-19 varian Omicron. Foto: ANTARA

KBR, Jayapura- Puluhan kasus baru COVID-19 varian Omicron ditemukan di Papua. Berdasarkan data Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Papua, dari 34 sampel pasien korona yang diperiksa, 33 di antaranya terinfeksi coronavirus varian Omicron.

Usai penemuan ini, Satgas Penanganan COVID-19 Papua mengimbau bupati dan wali kota di sana, segera mengambil langkah untuk menekan angka penularan.

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Papua, Welem Manderi meminta kepala daerah di Papua mencegah meluasnya varian Omicron di wilayah masing-masing.

"Kita di Provinsi Papua hari ini (16/2) kan (ada tambahan) 33 kasus (varian Omicron). Tetapi poin pentingnya adalah bagaimana kasus Omicron ini kalau sudah terdeteksi dan kedapatan di beberapa daerah, maka para bupati juga harus mengambil langkah langkah cepat untuk itu, disesuaikan dengan regulasi dari pusat, sehingga kita sama sama bisa melakukan penanganan penanganan," kata Welem Manderi, Rabu (16/2/2022).

Perketat Pintu Masuk

Satgas Penanganan Covid-19 Papua meminta para kepala daerah memperketat akses masuk warga ke wilayahnya, baik melalui pelabuhan maupun bandara udara.

Sebab menurut Welem Manderi, sekitar 75 persen penambahan kasus di Papua berasal dari warga yang masuk ke sana menggunakan transportasi laut.

64 Kasus Omicron di Jayapura

Sementara itu, Kepala Balitbangkes Papua, Antonius Oktavian mengatakan 33 varian Omicron yang baru ditemukan merupakan hasil pemeriksaan sampel pasien dari Kota Jayapura dan Kabupaten Biak Numfor.

"Sebanyak 29 kasus Omicron dari Kota Jayapura dan empat kasus dari Kabupaten Biak Numfor. Satu sampel lainnya merupakan varian Delta," kata Antonius Oktavian.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Papua, total kasus varian Omicron di wilayah itu sebanyak 75 kasus.

Kasus terbanyak di Kota Jayapura, yakni 64 kasus, Kabupaten Merauke enam kasus, Biak Numfor empat kasus, dan Kabupaten Jayawijaya satu kasus.

Baca juga:

Editor: Sindu

  • pandemi covid-19
  • Covid-19
  • Satgas Covid-19
  • Varian Omicron
  • Covid-19 di Papua
  • Satgas Penanganan COVID-19 Papua
  • Papua

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!