2 Napi Kabur (lagi), Kemenkumham Jateng Periksa Petugas Lapas Nusakambangan

Total ada 3 napi yang berhasil kabur dari lapas Nusakambangan

BERITA , NUSANTARA

Senin, 23 Jan 2017 14:00 WIB

Author

Muhamad Ridlo Susanto

2 Napi Kabur (lagi), Kemenkumham Jateng Periksa Petugas Lapas Nusakambangan

Patroli pol air di sekitar pulau Nusakambangan (Foto: Muh Ridlo/KBR)


KBR, Cilacap- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah memeriksa seluruh petugas yang ada di Nusakambangan. Kepala Lapas Kelas I Batu Nusakambangan sekaligus koordinator Lapas Nusakambangan dan Cilacap, Abdul Aris mengatakan pemeriksaan ini terkait kaburnya dua narapidana narkoba, M. Husen (terpindana seumur hidup) dan Syarjani (terpidana 5 tahun penjara).

Terkait dengan kaburnya napi asal Pakistan Hasan Saman, alias Messi, pada Juni 2016 lalu, Abdul Aris juga enggan menjelaskannya.

"Kemarin kita sudah diperiksa semua oleh Kantor Kemenkumham Wilayah Jateng. Kita sudah (melakukan pemeriksaan). Kalau (keterangan kaburnya tiga napi) itu Pak Kepala Kanwil Kemenkumham saja yang memberi keterangan. Hari ini ke Nusakambangan, mungkin besok Selasa ya (bisa memberi keterangan). Tetapi kalau sekedar pencarian, kita masih berusaha melakukan pencarian, dibantu oleh kepolisian, Polres dan Polda, Angkatan Laut," kata Abdul Aris, Senin (23/1/2017).

Terkait dengan lolosnya napi tersebut, kata dia, akan dijelaskan oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Selasa besok. Itu termasuk klaim Super Maximum Security (SMS) Lapas Nusakambangan.

Lapas Nusakambangan diklaim sebagai Lapas dengan pengamanan terbaik di Indonesia. Posisi Lapas yang berada di pulau dan terisolir dari daratan lainnya menjamin keamanan lapas dari kemungkinan kaburnya napi.

Namun, dalam catatan KBR, kaburnya M Husen dan Syarjani Abdullah merupakan kasus kedua kaburnya napi dalam dua tahun terakhir. Sebelum ini, Hasan Saman alias Messi, kabur pada akhir Juni 2016 lalu.

Diketahui, Saman Hasan alias Messi sudah menjadi Tahanan Pendamping (tamping) setelah hampir menyelesaikan masa hukuman. Bahkan, delapan bulan lagi Messi akan bebas murni. Sebagai taping, Messi memiliki tugas untuk membantu petugas lapas dalam beberapa pekerjaan ringan dan mendampingi tahanan.

Namun terpidana Narkoba yang divonis 12 tahun tersebut kabur dari Lapas Batu Nusakambangan melalui jalur Dermaga Sodong dan Wiyapaura. Messi bisa lolos karena memakai pakaian petugas lapas.

KBR belum memperoleh keterangan keberadaan Messi. Apakah sudah tertangkap atau belum.

Editor: Dimas Rizky 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17