NUSANTARA

Sempat Erupsi, Aktivitas Gunung Sinabung Kembali Menurun

"Setelah sempat erupsi pagi tadi, aktivitas Gunung Sinabung, Sumatera Utara, menurun Sabtu (3/1) sore."

Yudi Rachman

Sempat Erupsi, Aktivitas Gunung Sinabung Kembali Menurun
Sempat Erupsi, Aktivitas Gunung Sinabung

KBR, Jakarta – Setelah sempat erupsi pagi tadi, aktivitas Gunung Sinabung, Sumatera Utara, menurun Sabtu (3/1) sore.

Menurut pengamat Gunung Sinabung, Armen Putra, hembusan vulkanik erupsi Gunung Sinabung pagi tadi mengarah ke barat daya dengan ketinggian hingga tiga ribu meter.

Kata dia, erupsi Gunung Sinabung yang terjadi pagi tadi menyebarkan material abu vulkanik ke pemukiman di luar zona larangan.

"Untuk erupsinya memang terjadi dari jam 5.33 sampai jam 7 dan 9, terjadi sebanyak 11 kali awan panas guguran yang teramati jarak luncurannya antara 2 ribu sampai 4 ribu meter, untuk tinggi kolom 500 sampai 3 ribu. Hembusan awan panasnya berlangsung terus menerus, sekarang tidak. Kejadiannya 10 menit, 20 menit dan 30 menit jadi berurutan. Hembusan abu vulkaniknya ke barat daya," jelas pengamat gunung Sinabung, Armen Putra saat dihubungi Portalkbr, Sabtu (3/1).

Armen Putra menambahkan, meski pun menurun, gempa tremor masih terus terjadi. Dari pengamatan di lapangan sore ini, puncak gunung Sinabung tertutup kabut dengan kondisi cuaca mendung.

Editor: Anto Sidharta

  • Sempat Erupsi
  • Aktivitas Gunung Sinabung

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!