NUSANTARA

Perbukitan Gunungkidul Jadi Kendala Pembangunan JJLS

"Gunungkidul menjadi hambatan terselesaikannya proyek Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) karena mesti melewati perbukitan."

Star Jogya

Perbukitan Gunungkidul Jadi Kendala Pembangunan JJLS
Perbukitan Gunungkidul, Pembangunan JJLS

KBR68H, Yogya - Gunungkidul menjadi hambatan terselesaikannya proyek Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) karena mesti melewati perbukitan.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyebutkan, satu-satunya solusi yang bisa dilakukan untuk merampungkan hambatan itu dengan membangun terowongan sepanjang delapan kilometer.

Sultan mengaku solusi itu membutuhkan biaya yang besar. Karena itu, Pemerintah DIY sudah mengomunikasikannya dengan Kementerian Pekerjaan Umum. Hasilnya, terowongan hanya bisa dibangun kalau ada kerja sama dengan investor.

Saat menerima kunjungan duta besar Cina untuk Indonesia, Liu Jian Chao, di Kantor Gubernur di Kompleks Kepatihan, Senin (7/1/2014), ia menawarkannya pada Liu Jian.

“Siapa tahu ada investor Cina yang tertarik,” ujar Sultan.

Jalan itu sedianya dapat menjadi jalan alternatif penghubung Jawa Barat dan Jawa Timur. Kalaupun JJLS terwujud, menurut Sultan, harus ada anggaran lagi yang dikeluarkan untuk membuka akses masyarakat dari utara ke arah selatan.

Potensi yang diutarakan Sultan itu disambut positif Liu Jian Chao karena sejalan dengan tujuannya berkunjung ke DIY. Kunjungan kemarin itu sekaligus memperkenalkan diri sebagai Dubes yang baru. “Khusus di DIY, kami ingin mengetahu lebih dalam potensi yang bisa dikerjasamakan,” ujarnya.

Sumber: Star Jogja
Editor: Anto Sidharta

  • Perbukitan Gunungkidul
  • Pembangunan JJLS

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!