NUSANTARA

Tiga RS di Bali Jadi Rujukan Perawatan Flu Burung

Muliartha

Tiga RS di Bali Jadi Rujukan Perawatan Flu Burung
Flu burung; H5N1

KBR68H, Denpasar - Pemerintah Provinsi Bali mengoptimalkan kembali tiga rumah sakit rujukan untuk flu burung menyusul penularan virus jenis generasi baru.

Tiga rumah sakit rujukan tersebut adalah Rumah Sakit Kabupaten Tabanan, Rumah Sakit Wangaya Denpasar dan Rumah Sakit Kabupaten Gianyar.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Ketut Suarjaya mengatakan seluruh rumah sakit daerah tingkat kabupaten di Bali memiliki kemampuan melakukan antisipasi penanganan kasus flu burung. Namun upaya itu terkendala tidak adanya ruang isolasi bagi para pasien positif flu burung.

"Sesungguhnya dari segi SDM mereka mampu. Artinya kalau ada kasus awal bisa langsung ditangani disana. Untuk fase awal, stabiliasi, emergency, bisa dilakukan di rumah sakit-rumah sakit itu. Hanya saja jika keadaan memburuk bisa langsung dirujuk ke rumah sakit Sanglah,"kata dr. Ketut Suarjaya.

Kepala Dinas Kesehatan Bali Ketut Suarjaya mengklaim, petugas pelayanan kesehatan mulai dari tingkat puskesmas di Bali telah dilatih dan memiliki kemampuan mendiagnosa kasus-kasus flu burung.

Menurut Suarjaya, yang terpenting adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam mengantisipasi penularan flu burung dengan mencuci tangan setelah bersentuhan dengan unggas.


  • Flu burung; H5N1

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!