NUSANTARA

Puluhan Hektar Padi di Banyuwangi Diserang Tikus

Hermawan Arifianto

Puluhan Hektar Padi di Banyuwangi Diserang Tikus
Banyuwangi, Hama tikus, Pertanian

KBR68H, Banyuwangi – Puluhan hektar tanaman padi di empat kecamatan di Banyuwangi, Jawa Timur, diserang hama tikus.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Kehutanan dan Holtikultura Banyuwangi, Ikrori Hudanto mengatakan empat kecamatan itu di antarnya, Kabat, Rogojampi, Singonjuruh dan Kecamatan Songgon.

Serangan tikus meningkat selama musim hujan. Ikrori mengatakan, daerahnya selalu menjadi langganan hama tikus, karena pola tanam petani tidak berubah, yaitu selalu menanam padi.

"Saya sudah mengumpulkan semua Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), semua tenaga di lapangan, petugas hama dan pengendalian penyakit di lapangan. Kita kumpulkan supaya kemudian memberi penyuluhan. Kemudian beberapa kelompok tani yang ada di wilayah itu kita kumpulkan untuk gerakan massal pemberantasan, karena pemberantasan tikus tidak bisa dilakukan sendirian," kata Ikrori Hudanto.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Kehutanan dan Holtikultura Banyuwangi, Ikrori Hudanto menambahkan, upaya pengendalian serangan tikus yang sudah dilakukan antara lain menggunakan obat pembasmi hama tikus.

Di samping itu, petani juga membentuk kelompok pengedalian hama tikus agar serangannya tidak meluas ke daerah lainya. Apabila meluas dikhawatirkan akan mempengaruhi hasil panen di Banyuwangi.


  • Banyuwangi
  • Hama tikus
  • Pertanian

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!