NASIONAL

Penentuan Harga Pokok BBM yang Rumit Memancing Mafia Migas

"KBR, Jakarta - Tim Reformasi Tata Kelola Migas menyebut penentuan harga pokok penjualan BBM di Indonesia sangat rumit. Anggota tim reformasi migas, Fahmi Radhi mengatakan hal ini memicu para mafia migas yang mengincar rente (riba) di tiap variabel asumsi."

Aisyah Khairunnisa

Penentuan Harga Pokok BBM yang Rumit Memancing Mafia Migas
mafia migas, BBM

KBR, Jakarta - Tim Reformasi Tata Kelola Migas menyebut penentuan harga pokok penjualan BBM di Indonesia sangat rumit. Anggota tim reformasi migas, Fahmi Radhi mengatakan hal ini memicu para mafia migas yang mengincar rente (riba) di tiap variabel asumsi.

Penilain ini muncul selepas rapat perdana tim dengan PT Pertamina. Pertamina memaparkan rumus penentuan harga pokok penjualan BBM.

"Dia memaparkan adanya formula sampai ketemu harga pokok penjualannya. Cuma, temuan kita adalah formula tadi sangat rumit. Yang kedua, banyak asumsi yang digunakan. Kalau dalam dunia bisnis, penentuan harga pokok tadi, semakin banyak asumsi semakin ada ketidakpastian dan mengundang para pemburu rente untuk memanfaatkan. Itu yang harus kita hindari," kata Fahmi kepada KBR, Rabu (3/12).

Fahmi menambahkan selepas paparan Pertamina tadi, timnya akan menganalisis dan mengeluarkan rekomendasi dalam waktu dekat. Namun tim masih enggan mempublikasikan besaran harga pokok penjualan BBM tersebut.

Minggu ini, kata Fahmi timnya masih fokus untuk mengetahui penentuan harga pokok BBM. Namun pertemuan dengan Pertamina itu sudah cukup menjawab dan minggu depan rencananya tim akan menggelar rapat dengan anak Pertama, yaitu PT Petral.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • mafia migas
  • BBM

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!