NASIONAL

Mendikbud: Penerapan Kurikulum 2013 Paling Cepat Tiga Tahun Lagi

"KBR, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengakui tidak ada ukuran waktu yang pas untuk menentukan jadwal penerapan kurikulum 2013 pasca penyempurnaan. Menurut Anies, penerapan kurikulum 2013 harus menunggu adanya peningkatan dela"

Yudi Rahman

Mendikbud: Penerapan Kurikulum 2013 Paling Cepat Tiga Tahun Lagi
Kurikulum 2013, Anies Baswedan, Pendidikan, Kepala Dinas, KTSP

KBR, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengakui tidak ada ukuran waktu yang pas untuk menentukan jadwal penerapan kurikulum 2013 pasca penyempurnaan.

Menurut Anies, penerapan kurikulum 2013 harus menunggu adanya peningkatan delapan standar pendidikan seperti kualitas guru, infrastruktur dan sistem.

Jika standar pendidikan sudah terpenuhi, Anies memperkirakan penerapan kurikulum 2013 bisa tercapai paling cepat empat tahun ke depan.

"Yang harus diperbaiki dan diterapkan itu bukan hanya kurikulumnya tetapi delapan standar pendidikan itu harus ditingkatkan. Jadi, saya mengatakan kepada semua. Jangan kita bicara penerapan kurikulum tetapi peningkatan kualitas pendidikan. Salah satunya lewat kurikulum," kata Anies Basswedan.

"Yang sekarang dikejar itukan penerapan kurikulumnya. Efeknya kurikulum, bisa jadi secara resmi terpasang, apakah proses pendidikannya menjadi berkualitas? Secara umum kita bayangkan tahapnya itu bisa lebih 3-4 tahun lagi, tetapi itu sangat ditentukan oleh kondisi lapangan," ujar Anies Baswedan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menambahkan, penerapan kurikulum juga harus memperhitungkan kondisi di daerah-daerah yang berbeda dengan kualitas pendidikan di ibukota.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghentikan sementara pengunaan kurikulum 2013. Namun, Kemendikbud masih membiarkan 6 ribu lebih sekolah yang tersebar di 295 kabupaten kota melanjutkan penerapan kurikulum 2013.

Masih ada 200 ribu lebih sekolah yang penerapan kurikulumnya ditunda sambil menunggu evaluasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Editor: Agus Luqman

  • Kurikulum 2013
  • Anies Baswedan
  • Pendidikan
  • Kepala Dinas
  • KTSP

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!