NASIONAL

Pemimpin G20 Apresiasi Konservasi Hutan Bakau di Tahura

"Para delegasi G20 mengapresiasi sekaligus terinspirasi atas langkah nyata yang sudah dilakukan Indonesia, terkait pembibitan dan penanaman bakau."

Astri Septiani

bakau
Presiden Joko Widodo usai mempelihatkan konservasi hutan bakau di Tahura kepada delegasi G20 di Bali (16/11/2022). (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyatakan para pemimpin delegasi G20 mengapresiasi langkah konkret Indonesia menanam bakau atau mangrove.

Sebelumnya, para delegasi ikut meninjau hutan bakau di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, di sela KTT G20 Bali, hari ini.

“Mereka banyak yang kaget bahwa kita sudah melakukan sejauh ini. Dan mereka mengatakan ini sebuah pekerjaan yang konkret, karena di sini memiliki kapasitas 6 juta bibit, itu baru satu lokasi. Tadi saya sampaikan, kita tahun depan akan memiliki 33 lokasi. Sekarang yang 5 sudah selesai, dan sisanya dalam proses berjalan,” kata Jokowi dalam keterangan, di Tahura, Bali, Rabu (16/11/2022).

Presiden Jokowi juga mengatakan, para delegasi G20 mengapresiasi sekaligus terinspirasi atas langkah nyata yang sudah dilakukan Indonesia, terkait pembibitan dan penanaman bakau.

Baca juga:

KTT G20, Jokowi: Tugas Kita kepada Dunia dan Kemanusiaan

Intimidasi Pengamanan KTT G20, YLBHI: Pembungkaman

Jokowi juga menuturkan, sebagai negara pemilik hutan bakau terluas di dunia yakni 3,3 juta hektare, Indonesia ingin berkontribusi terhadap penanganan perubahan iklim.

Menurut Jokowi, Tahura Ngurah Rai bisa menjadi kisah sukses, bagaimana Indonesia memperbaiki 1.300 hektar hutan bakau yang sebelumnya kurang terpelihara.

Editor: Fadli

  • bakau
  • KTT G20
  • Tahura

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!