BERITA

Jokowi Sebut Toxic Medsos Timbulkan Perpecahan

"Jokowi berharap tokoh agama dapat mempersatukan umat dari perbedaan yang menjurus kepada perpecahan"

Resky Novianto

Jokowi Sebut Toxic Medsos Timbulkan Perpecahan
Ilustrasi Logo Media Sosial

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo menyebut tantangan kehidupan beragama saat ini semakin berat. Salah satu yang masih menjadi tantangan menurut Presiden adalah media sosial.

Bekas Wali Kota Surakarta ini menyebut tak jarang media sosial membawa toxic atau racun.

"Tidak jarang media sosial membawa toxic, membawa racun seperti hoaks dan ujaran-ujaran kebencian yang justru menimbulkan perpecahan," ujar Jokowi di Kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (3/11).

Jokowi dalam rapat koordinasi nasional Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) ini juga berharap tokoh agama dapat mempersatukan umat dari perbedaan yang menjurus kepada perpecahan.

"Untuk itu dibutuhkan figur tokoh-tokoh agama yang mempersatukan, tokoh-tokoh agama yang merangkul, tokoh-tokoh agama yang piawai melunakkan perbedaan pilihan dan paham," imbuhnya.

Jokowi mengatakan dampak negatif medsos sangat berbahaya, bila tidak bisa dikendalikan dengan baik.

Ia berpesan kepada tokoh agama untuk terus merawat kemajemukan bangsa Indonesia. Menurutnya moderasi beragama merupakan pilihan yang tepat dan selaras dengan jiwa pancasila, di tengah adanya gelombang ekstrimisme di berbagai belahan dunia.

"Kerukunan itu hasil dari ikhtiar bersama untuk hidup saling menghormati, dan tidak memberi ruang bagi tumbuhnya saling curiga. tidak membiarkan berkembangnya benih-benih kebencian, benih-benih permusuhan yang akhirnya akan menghancurkan persatuan dan persaudaraan di antara kita," tutup Jokowi.


Editor: Ardhi Rosyadi

  • Jokowi
  • Medsos
  • Toxic

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!