Bagikan:

Neraca Dagang RI Surplus 29 Bulan Berturut-Turut

Komoditas penyumbang surplus terbesar yaitu untuk komoditas bahan bakar mineral.

NASIONAL

Senin, 17 Okt 2022 20:39 WIB

Neraca Dagang RI Surplus 29 Bulan Berturut-Turut

Ilustrasi aktivitas ekspor-impor. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia September 2022 mengalami surplus 4,99 miliar Dolar AS atau sekitar Rp77 triliun. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto mengatakan, neraca perdagangan Indonesia tercatat telah membukukan surplus selama 29 bulan berturut-turut sejak Mei 2020.

"Dengan komoditas penyumbang surplus terbesar yaitu untuk komoditas bahan bakar mineral atau HS 27, lemak dan minyak hewan atau dan atau nabati HS 15, serta besi dan baja HS 72. Sedangkan neraca perdagangan untuk komoditas migas ini menunjukkan defisit yang sebesar 2,10 miliar US dolar utamanya komoditas penyumbang defisit adalah minyak mentah dan hasil minyak," kata Setianto saat konpers daring (17/10/22).

Baca juga:

Setianto menyebut, ada tiga negara dengan surplus neraca perdagangan nonmigas terbesar yaitu Amerika Serikat, India, dan Filipina. Sedangkan defisit neraca perdagangan nonmigas terbesar di tiga negara adalah Australia, Thailand, dan Brazil.

Secara kumulatif kata dia, neraca perdagangan Januari sampai dengan September 2022 mencatatkan surplus sebesar 39,87 miliar Dolar AS atau tumbuh sebesar 58,83 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Surplus neraca perdagangan barang pada Januari sampai September 2022 ini sudah lebih besar daripada total surplus neraca perdagangan sepanjang 2021," ujarnya.

Editor: Wahyu S.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Tergoda Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending