BERITA

Pandemi, 90 Persen Kasus Covid di Aceh Orang Tanpa Gejala

""Dibandingkan yang dirawat di rumah sakit itu, yang OTG ini mayoritas. Bisa saja mereka yang awalnya tanpa gejala ini, kalau imunitasnya turun otomatis segera ditangani,""

Alfath Asmunda

Pandemi, 90 Persen Kasus Covid di Aceh Orang Tanpa Gejala
Operasi Yustisi Protokol COVID-19 di Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (26/9/202(Antara/Rahmad)

KBR, Banda Aceh- Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Aceh saat ini mencapai 5.252 orang. Dari jumlah tersebut 95 persennya merupakan orang tanpa gejala (OTG).

Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abudulgani mengatakan, 95 persen OTG tersebut menjalani karantina mandiri. Meski begitu, mereka tetap dikawal oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten dan Kota.

"Dari distribusi datanya, itu ada 95 persen (pasien Covid-19 di Aceh) adalah OTG yang malakukan isolasi mandiri. Dibandingkan yang dirawat di rumah sakit itu, yang OTG ini mayoritas. Bisa saja mereka yang awalnya tanpa gejala ini, kalau imunitasnya turun otomatis segera ditangani," katanya kepada KBR, Rabu (7/10/2020).

Saifullah merinci, saat ini sebanyak 1.858 orang terpapar Covid-19 di Aceh, sedang dirawat di beberapa rumah sakit rujukan. Data di BNPN mencatat total kasus terkonfirmasi di Aceh mencapai 5064.

Sementara 3.189 orang dinyatakan sembuh dari virus corona dengan 205 orang tercatat meninggal dunia.

Secara kumulatif, sejak kasus   pertama kali diumumkan di Indonesia pada 2 Maret 2020 hingga hari ini, total konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia tercatat sebanyak 315.714 kasus.

Selain itu, pemerintah juga menyatakan ada penambahan 98 pasien yang meninggal   akibat Covid-19. Sehingga total pasien meninggal akibat Covid-19 menjadi 11.472 orang. Meski demikian, pemerintah juga menyatakan ada penambahan 3.854 pasien sembuh dari Covid-19. Dengan demikian, total sembuh ada 240.291 orang.

Editor: Rony Sitanggang

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan  3M, yakni;  Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

  • #cucitangan
  • #IngatPesanIbu
  • COVID-19
  • #KBRLawanCovid
  • #cucitanganpakaisabun
  • #jagajarak
  • #jagajarakhindarikerumunan
  • #pakaimasker

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!