BERITA

Tiga Pasangan Lolos Pilkada Jakarta, Ahok Tak Hadiri Penetapan

""Maka secara resmi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 yang akan datang, akan diikuti oleh tiga pasangan calon,""

Randyka Wijaya

Tiga Pasangan Lolos Pilkada Jakarta, Ahok Tak Hadiri Penetapan
Ilustrasi: 3 Pasangan peserta pilkada Jakarta 2017. (Foto: Insta Anies)

KBR, Jakarta- Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta menyatakan semua pasangan Calon Gubernur (cagub) dan Calon Wakil Gubernur (cawagub) DKI Jakarta lolos verifikasi. Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno mengatakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI akan diikuti oleh tiga pasangan calon.

"Dengan demikian setelah semua hasil verfikasi persyaratan pencalonan tadi dibacakan. Maka secara resmi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 yang akan datang,  akan diikuti oleh tiga pasangan calon," kata Sumarno di Balai Sudirman Jakarta Selatan, Senin (24/10/2016).


Tiga pasangan tersebut di antaranya Agus Yudhoyono dan Sylviana, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, serta calon petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi setiap calon antara lain pernyataan gabungan partai politik pendukung, surat pernyataan dari pengadilan tidak pernah dipidana atau dicabut hak politiknya, serta Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Hanya calon petahana Ahok-Djarot yang tidak hadir dalam rapat tersebut. Mereka diwakili oleh Ketua DPRD DKI dari fraksi PDIP Prasetyo Edi Marsudi. Sedangkan Agus-Sylvi dengan Anies-Sandiaga terlihat hadir dalan rapat penetapan pasangan cagub-cawagub. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo juga turut hadir dalam rapat tersebut.


Rapat pleno juga disertai dengan simbolisasi pengamanan oleh Polda Metro Jaya bagi semua pasangan calon. Masing-masing cagub-cawagub akan dikawal oleh sekira 20-30 polisi dalam setiap aktivitasnya. Masa kampanye akan dimulai pada 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017.


Besok, KPU DKI akan melakukan pengundian nomor urut cagub-cawagub di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Kata Sumarno, semua pasangan calon diwajibkan untuk hadir dalam pengundian itu.


Editor: Rony Sitanggang

  • pilkada jakarta 2017
  • Ketua KPU DKI Jakarta
  • Sumarno

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!